Rekonstruksi Rumah Bung Karno Bakal Rampung Sebelum Hari Lahir Pancasila

Rekonstruksi Rumah Bung Karno Bakal Rampung Sebelum Hari Lahir Pancasila

Radartasik.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP), sudah menyiapkan anggaran untuk merekonstruksi rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean VI, Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya. Pengerjaan akan dimulai bulan Maret mendatang dan rampung sebelum Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni Mendatang. 

Kabid Bangunan Gedung DPRKPP Pemkot Surabaya Iman Krestian menyatakan, rekonstruksi hanya dilakukan pada rangka atap bangunan. Sebab, kondisinya sudah rusak. Selain itu, rekonstruksi pada bangunan atas. Tepatnya, di bagian belakang. ''Pembongkaran tidak terlalu banyak,'' ucapnya.

Rekonstruksi juga menggandeng tim cagar budaya. Dengan begitu, pengerjaannya tidak menyalahi atau mengubah bangunan aslinya. Selain itu, pengerjaan bertujuan menambah fungsi bangunan. Sementara itu, perlengkapan dan lainnya masih menunggu dinas kebudayaan, pemuda, olahraga, dan pariwisata.

Rekonstruksi bangunan rencananya mulai dilakukan Maret. DPRKPP saat ini masih melakukan proses pembukaan lelang. Menurut Iman, Februari lelang dibuka. Pengerjaannya juga melihat situasi yang ada. Sebab, sekarang masih musim hujan.

''Renovasi atap ini rawan kalau masih hujan,'' terangnya.

Jika semua berjalan lancar, rekonstruksi bangunan akan rampung sebelum 1 Juni. Tepatnya saat hari lahir Pancasila. Anggaran yang disiapkan untuk pengerjaan juga cukup besar. Yakni, Rp 500 juta.

''Kalau untuk pembersihan bagian dalam, mulai dikerjakan,'' ucap Iman. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: