Sentra Vaksinasi di Pendopo Garut Dilanjut

Sentra Vaksinasi di Pendopo Garut Dilanjut

radartasik.com, GARUT KOTA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut memperpanjang pelaksanaan sentra vaksinasi Covid-19 di Pendopo Garut hingga akhir Maret 2022.


Perpanjangan dilakukan karena Pemerintah Kabupaten Garut terus mempercepat capaian vaksinasi terhadap masyarakat.

“Sekarang masyarakat masih banyak yang belum divaksin. Ditambah sekarang ada vaksinasi anak usia 6-11 tahun, jadi sentra vaksinasi ini diperpanjang,” ujar Ketua Pengarah Pelaksanaan Vaksinasi BPBD Garut Edi kepada wartawan, Sabtu (8/1/2022).

Edi berharap masyarakat khususnya di perkotaan Garut bisa melaksanakan vaksinasi di gedung pendopo itu.

”Masyarakat umum, lansia dan anak-anak yang belum divaksin bisa datang ke sentra vaksinasi. Selain di perkotaan, dari daerah juga bisa divaksin di sini,” ujarnya.

Selain melayani vaksinasi warga Kabupaten Garut, pihaknya juga bisa melayani warga pendatang yang ingin melaksanakan vaksinasi.

”Mereka ada yang kebetulan tinggal bersama saudaranya juga banyak mahasiswa yang sedang berliburan yang ingin divaksin bisa datang langsung ke sini,” katanya.

Edi menerangkan, selama pelaksanaan vaksinasi di Pendopo Garut, setiap harinya tidak kurang 300 orang warga yang menjalani vaksinasi.

”Memasuki tahun 2022 masyarakat yang divaksin di pendopo menjadi sedikit, beda kalau tahun kemarin,” ujarnya.

Turunnya masyarakat yang mengikuti vaksinasi di Pendopo Garut karena disebabkan banyaknya pelaksanaan vaksinasi di berbagai daerah atau fasilitas umum.

“Bahkan kini pun banyak vaksinasi yang dilakukan secara door to door. Makanya yang vaksin kesini menurun” ucapnya.

Edi menambahkan, ada tiga jenis vaksin dalam pelaksanaan vaksinasi lanjutan di Komplek Pendopo tersebut di antaranya Pfizer, Astra Zeneca, dan Sinovac.

”Makanya kami tanya dulu kepada warga yang akan di vaksin atau sebaliknya mereka juga banyak yang nanya dulu jenis vaksinnya apa,” terangnya.

Sementara itu, Asep Sudrajat (48) warga Muarasanding Kecamatan Garut Kota mengaku terbantu dengan adanya sentra vaksinasi di Pendopo Garut. Karena dirinya bisa kapan saja datangnya tanpa harus terburu-buru.

“Kalau di gebyar vaksinasi kan waktunya terbatas, kalau di sini bisa kapan saja. Jadi senang sekali kalau diperpanjang,” ujarnya.

Asep mengaku belum divaksin karena belum ada waktu untuk melaksanakannya. Dia berjanji akan segera melakukan vaksinasi jika sudah ada waktu. ”Kalau ada waktu saya akan langsung ke pendopo untuk divaksin,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: