Pemilik ke Pengajian, Rumah di Ciamis Terbakar

Pemilik ke Pengajian, Rumah di Ciamis Terbakar

radartasik.com, CIAMIS — Rumah milik Sutendi (60), warga Jalan Sukamulya RT/RW 002/021 Lingkungan Lembur Balong Kelurahan Ciamis terbakar, Sabtu (8/1/2022) pukul 18.45. Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik.


Warga sekitar lokasi kebakaran, Aman Sutantho (59) mengatakan, saat itu warga melihat sumber api dari atap rumah lantai dua milik Sutendi, kemudian masyarakat langsung memadamkan api dengan alat seadanya.

“Karena api terus membesar dan merembet ke rumah lain, kita lapor ke Pemadam Kebakaran Ciamis hingga datang. Bersyukur datang cepat dan api bisa dipadamkan,” jelas Aman kepada Radar, Minggu (9/1/2022).

Saat kejadian, kata Aman, pemilik rumah memang sedang pengajian di masjid. Kemudian warga langsung memberitahukannya.

Kepala UPT Damkar Ciamis Wawan mengatakan, "Petugas menerima laporan adanya kebakaran pukul 18.57, petugas tiba di lokasi pukul 19.12. Diketahui objek yang terbakar yakni bangunan rumah permanen lantai dua, penyebab kebakaran dari korsleting listrik lantai atas. Kerugian korban sekitar Rp 100 juta,” terangnya.

Wawan menjelaskan, api pertama kali diketahui oleh warga sekitar, kemudian api berasal dari atap bangunan lantai 2 dan terlihat banyaknya percikan dari kabel listrik. Kebetulan pemilik rumah sedang pengajian di masjid.

“Ada seorang warga yang berinisiatif langsung menghubungi UPT Damkar Ciamis untuk meminta pertolongan,” paparnya.

Sambil menunggu Damkar datang, warga sekitar bergotong royong melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Damkar dengan sigap dan cepat datang ke lokasi kebakaran.

“Pemadaman dilakukan oleh petugas dan dibantu oleh warga sekitar, mengenai tindakan yang dilakukan petugas melaksanakan pemadaman dan pendinginan serta observasi terhadap objek yang terbakar,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: