Polda Jawa Timur Selidiki Kasus Pembuang Sesajen di Lereng Semeru

Polda Jawa Timur Selidiki Kasus Pembuang Sesajen di Lereng Semeru

Radartasik.com, SURABAYAPolda Jawa Timur merespons viralnya video pembuangan sesajen dan sarana ibadah umat tertentu di lereng Gunung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengaku belum ada laporan yang masuk terkait dengan video tersebut. ”Belum ada laporan,” kata Gatot saat dikonfirmasi, Minggu (9/1/2022).

Kendati belum menerima laporan dari masyarakat, Polda Jatim akan menyelidiki video tersebut untuk mengetahui ciri-ciri dan identitas pelaku. ”Yang jelas saat ini masih dalam penyelidikan,” tegasnya.

Mengenai hukuman yang bisa menjerat pelaku, Gatot belum bisa memastikannya. Pihaknya harus mendalami apa yang diperbuat seseorang dalam video yang viral tersebut. ”Kami lihat dahulu nanti, kan, masih penyelidikan,” ujar Gatot.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga menyikapi video viral yang mempertontonkan seorang pria membuang sesajen dan sarana ibadah umat tertentu di lereng Gunung Semeru.

Dia memastikan pria di dalam video tersebut bukanlah warga asli Lumajang. ”Itu saya pastikan bukan warga Lumajang, orang dari luar,” ujar Thoriqul Haq, Minggu (9/1/2022).

Untuk itu, dia meminta aparat dan sukarelawan mencari orang yang ada di dalam video itu. ”Dari mana orang itu atau identitasnya siapa dan dari kelompok mana, saya minta semua teman-teman segera mencari,” tegas dia.

Cak Thoriq, sapaan akrab dari bupati Lumajang, tidak ingin kemunculan video itu membuat kegaduhan di Lumajang dan mencederai salah satu umat agama.

”Saya berkeinginan supaya itu tidak berlarut-larut dan segera melakukan langkah-langkah karena yang datang ke sana (Gunung Semeru, red) untuk unsur kemanusiaan,” ujar Thoriq. (jpnn/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: