Cara Membedakan Kopi Robusta dan Arabika? Ini Penjelasannya

Cara Membedakan Kopi Robusta dan Arabika? Ini Penjelasannya

Radartasik.com, JAKARTA — Ini sebagai pengetahuan penting bagi kaum pecinta kopi ”awam”. Anda harus tahu perbedaan antara biji kopi robusta dan arabika. Dua jenis kopi ini banyak di Indonesia. 

 
Bagi penikmat kopi yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya. Selain cita rasa, kopi arabika dan robusta memiliki tekstur, cara menanam, dan mengolah yang tentu berbeda.
 
Hal itu diungkapkan Pemilik Kisah Kopi, Rahmat Rizki yang menggunakan biji kopi robusta Lampung dalam mengolah kopinya. Dia menjelaskan di Lampung pun ada dua biji kopi yakni robusta Lampung dan Arabika Lampung.
 
Robusta Lampung tekstur biji kopinya lebih besar. Sedangkan Arabika Lampung lebih kecil seperti biji kopi Gayo. Lalu rasa Robusta Lampung lebih asam manis,” kata Rizki dalam konferensi pers baru-baru ini.
 
Nah lalu secara umum, apa bedanya kopi arabika dan robusta?
Menurut Rizki, biji kopi robusta lebih dominan pahit ketimbang rasa asamnya. Sebaliknya, Arabika memiliki rasa lebih asam dibanding pahitnya. Dan memiliki rasa lebih manis seperti buah.
 
Dilansir dari The Kitchn, memang setelah dipanggang, hampir semua biji kopi terlihat sama. Namun biji kopi arabika cenderung memiliki rasa yang lebih manis, lembut, dengan rasa gula seperti buah beri atau anggur. Arabika memiliki ciri khas kopi dengan keasaman yang luar biasa.
 
Sedangkan kopi robusta, bagaimana pun, memiliki rasa yang lebih kuat. Robusta mengandung kafein dua kali lebih banyak daripada biji arabika. Umumnya dianggap memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan dengan Arabika. Namun beberapa robusta berkualitas tinggi dan dihargai terutama dalam espresso karena rasanya yang dalam dan enak.
 
Kopi robusta lebih mudah tumbuh. Robusta dapat tumbuh pada ketinggian yang lebih rendah dan kurang rentan terhadap hama serta kondisi cuaca. (jp)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: