Hujan dan Angin Kencang Terjang Ciamis, 3 Rumah Rusak

Hujan dan Angin Kencang Terjang Ciamis, 3 Rumah Rusak

radartasik.com, CIAMIS - Bencana alam terjang Kecamatan Panawangan, di antaranya rumah tertiup angin kencang, rumah tertimpa pohon dan rumah terkena longsoran tebing.


Insiden itu terjadi pada Jumat (7/1/2022) sekitar pukul 15.00, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya kerugian materi.

Hal itu dibenarkan Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Odin Nugraha. Ia menceritakan, sekitar jam 15.00 WIB di wilayah Panawangan diguyur hujan lebat disertai angin kencang, akibatnya terjadi longsoran tanah yang menimpa rumah dan pohon tumbang menimpa rumah penduduk di tiga lokasi yang berbeda.

“Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil,” paparnya.

Keterangan Odin, tiga lokasi yang terkena bencana di antaranya Dusun Naretel RT 07/03 Desa Nagarawangi Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Kedua, di Dusun Naretel RT 08/03 Desa Nagarawangi Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis.

“Dari dua dusun itu terjadi tiga kejadian, satu bangunan rumah milik Dedi Supriadi bagian dapur ambruk karena lapuk dan tertiup angin kencang disertai hujan deras. Kedua bangunan rumah ambruk bagian dapur dan WC milik Emed karena tertimpa pohon tumbang. Ketiganya, tebing longsor menimpa halaman rumah,” paparnya.

Odin menyampaikan, memang kejadian bencana di Panawangan ini kompleks. “Karena di wilayah Panawangan ini dataran tinggi jadi sangat riskan terjadi bencana, makanya kami sering ingatkan kepada masyarakat agar lebih waspada, terutama saat musim hujan,” paparnya.

Dihubungi terpisah, Emed mengatakan bahwa saat itu hujan disertai angin kencang. Ia sedang di bagian depan rumah, tiba-tiba mendengar suara gemuruh di belakang rumah.

“Saat saya cek ternyata bagian dapur tertimpa pohon dan rusak, beruntung tidak sampai kena seluruh rumah,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: