Jalur KA Cibatu-Garut Siap Beroperasi

Jalur KA Cibatu-Garut Siap Beroperasi

radartasik.com, GARUT KOTA — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau jalur kereta api (KA) Cibatu-Garut yang baru selesai direaktivasi. Peninjuan dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur kereta api sepanjang 19,5 kilometer itu sebelum dioperasikan.


“Saya lihat pembangunannya sudan 100 persen selesai dan sudah siap digunakan. Sekarang tinggal nunggu diresmikan saja,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada wartawan di Stasiun Garut, Kamis (6/1/2022).

Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kami- berharap, Kementerian Perhubungan selaku pemegang otoritas agar segera meresmikan jalur tersebut karena sangat dinantikan masyarakat. Saat ini, pengoperasian jalur kereta api Cibatu-Garut tinggal menunggu finalisasi administrasi.

“Kewenangannya ada di pak menteri (Perhubungan). Saya harap bisa secepatnya menyelesaikan proses administrasi, sehingga warga bisa menikmati fasilitas yang dinantikan ini,” ucapnya.

Emil mengaku saat inspeksi ini dirinya menerima banyak masukan dari masyarakat yang menginginkan adanya percepatan operasional jalur kereta api. Karena akan berdampak positif terhadap aktivitas masyarakat.

Adapun tarif yang akan diberlakukan pada jalur tersebut, Kang Emil menyebut untuk lintas Garut tak sampai Rp 5.000. Sementara dari Garut ke Bandung kemungkinan Rp 10 ribu dan Rp 40 ribu bagi penumpang yang menuju Jakarta.

Kang Emil optimistis hadirnya jalur kereta Cibatu-Garut, selain dapat mengurai kemacetan juga akan mendongkrak perekonomian masyarakat Garut. “Saya pastikan kalau ini sudah dibuka, ekonomi Garut akan meningkat pesat,” ucapnya.

Setelah jalur Cibatu-Garut beroperasi, Emil berharap Kementerian Perhubungan dan PT KAI dapat membuka jalur kereta api lainnya di Jabar, khususnya di pesisir selatan.

“Tadi berdiskusi dengan Pak Dirut (PT KAI) rencana pengembangan track lainnya termasuk mimpi besar di Jabar selatan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan berharap jalur kereta api Cibatu-Garut bisa segera beroperasi, karena selain sebagai sarana transportasi masyarakat, juga bisa diharapkan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan kereta api jalur Bandung-Garut akan segera beroperasi dalam waktu yang tidak lama lagi,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: