Pendaftaran Hanya untuk Pengisian Los

Pendaftaran Hanya untuk Pengisian Los

radartasik.com, CIBEUREUM — Dinas KUMKM Perindag kini membuka pendaftaran bagi para pedagang yang ingin mengisi Pasar Cibeureum. Namun peluang yang diberikan hanya untuk pengisian los saja.


Fasilitas dagang di Pasar Cibeureum meliputi 78 kios dan 128 los. Januari 2021 kemarin pihaknya sudah membuka pendaftaran namun kebanyakan pedagang ingin mengisi kios.

Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, H M Firmansyah mengatakan saat itu pengisian los masih sangat minim. Untuk itu, pihaknya kembali membuka pendaftaran untuk pengisian khusus los. “Untuk kios kita tidak menerima pendaftaran lagi, ini khusus los saja,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (6/1/2022).

Untuk los sendiri, tentunya tidak semua pedagang bisa mengisinya. Karena peruntukannya pun lebih spesifik, seperti sayur, daging, ikan, tahu, tempe dan komoditi lainnya. “Jadi hanya pedagang dengan komoditi yang cocok berjualan di los,” ucapnya.

Ada pun persyaratan yang harus dilengkapi yakni fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta pas foto. Hal ini untuk membuktikan domisili pendaftar. “Karena pendaftaran hanya dibuka untuk warga yang berdomisili di Kota Tasikmalaya saja,” ucapnya.

Selain itu, pendaftar hanya diperkenankan untuk mereka yang sudah punya aktivitas berdagang. Maka dari itu, harus melampirkan Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan dilengkapi foto aktivitas berdagang. “Kami prioritaskan untuk pedagang yang belum mengisi pasar milik pemerintah,” ucapnya.

Pendaftaran pengisian los dengan ukuran 1 x 1,5 meter ini dibuka sampai 12 Januari 2022. Sebelum tanggal tersebut, berkas sudah harus dikirim melalui pos ke PO BOX 2000 Kota Tasikmalaya paling lambat 12 Januari. “Kita harap ada animo yang tinggi untuk pengisian los ini,” terangnya.

Selanjutnya, Dinas KUMKM Perindag akan memverifikasi dokumen dan wawancara peserta. Mereka yang dinyatakan lolos akan diundang untuk pengundian penempatan los. “Kita harapkan prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan bulan ini pasar sudah bisa beroperasi,” katanya. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: