Insentif Tidak Cair Akibat Keuangan Daerah Kurang Baik, Ketua RT di Pangandaran Ancam Mundur

Insentif Tidak Cair Akibat Keuangan Daerah Kurang Baik, Ketua RT di Pangandaran Ancam Mundur

radartasik.com, PANGANDARAN — Forum Komunikasi Ketua RT Desa Cintakarya kecewa belum diterimanya insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran. Para ketua RT pun mengancam akan mengundurkan diri dari jabatannya apabila tak ada pembayaran insentif.


”Berkaitan dengan tidak tertunaikannya hak kami sebagai ketua RT sejak tahun 2020 tanpa klarifikasi atau penjelasan yang masuk akal, maka kami berkesimpulan bahwa eksistensi atau keberadaan kami sudah dianggap tidak diperlukan lagi,” ungkap perwakilan RT Desa Cintakarya Ade Sumpena, Rabu (5/1/2022).

Mereka pun meminta kejelasan kepada pihak terkait atas tidak cairnya insentif tersebut. ”Kami menuntut hak kami tersebut sebesar nilai yang belum terbayarkan hingga saat ini,” ujarnya.

Jika sampai tidak dibayarkan, kata dia, para ketua RT mengajukan pengunduran diri dari jabatanya masing-masing.

”Semua tuntutan tersebut sudah disampaikan ke Kepala Desa Cintakarya,” jelasnya.

Sementara itu, Asda III Kabupaten Pangandaran Suheryana mengatakan pemberian insetif tersebut bersifat apresiasi dari Pemkab Pangandaran. Insentif tersebut bisa dibayarkan apabila kondisi keuangan dalam keadaan sehat.

”Namun insentif tidak wajib dibayar jika kondisi keuangan daerah, terutama PAD dalam kondisi kurang baik,” jelasnya.

Ia mengatakan insentif tersebut tidak cair karena PAD Pangandaran menurun akibat Covid-19. “Biasanya dibayarkan dua kali dalam setahun, dengan total Rp 2,5 juta,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: