50 Kepala SD Akan Diganti, Meningkatkan Mutu Pendidikan di Tengah PTM Terbatas

50 Kepala SD Akan Diganti, Meningkatkan Mutu Pendidikan di Tengah PTM Terbatas

radartasik.com, TASIK - Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya akan melaksanakan mutasi dan rotasi sekitar 50 kepala sekolah dasar (SD). Tujuan rotasi mutasi kepala SD ini untuk penguatan mutu pendidikan dan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN).


Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Mohammad Dani SPd MM mengatakan, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tengah pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, sekolah harus berinovasi dan kreatif. Untuk bisa mengubah potensi sekolah tersebut, salah satunya melalui peran kepala sekolah.

”Oleh karenanya butuh penyegaran mutasi dan rotasi kepala sekolah,” katanya kepada Radar, Rabu (5/1/2022).

Untuk penyegaran tersebut, lanjut ia, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya sudah mengajukan mutasi untuk guru yang promosi menjadi kepala sekolah. Hasil seleksi calon kepala sekolah 2021, ada sebanyak 15 orang.

“Ada 15 guru SD yang mutasi untuk promosi ke kepala sekolah yang sudah kita ajukan ke BKPSDM Kota Tasikmalaya. Dengan pengangkatan tersebut, bisa menghasilkan inovasi yang baru,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya juga mengajukan rotasi untuk beberapa kepala SD yang memasuki periode kedua. Khawatir kalau tidak ada rotasi lagi, akan mengganggu sertifikasi.

Kemudian, rotasi tersebut hasil dari penilaian prestasi kinerja kepala sekolah (PPKS) dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi dan pembinaan lebih lanjut. Itu melihat kemampuan profesional kepala sekolah.

“Opsi ini dipilih (rotasi, Red) kepala SD yang periode kedua tidak terganggu sertifikasinya. Sebab ketika lebih delapan tahun data pokok pendidikan (Dapodik) otomatis merah,” katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kekurangan kepala SD di tahun 2022, terlebih banyak kepala SD yang pensiun.

“Di 2022 ada 27 posisi kepala SD yang kosong. Tetapi dalam waktu dekat ada 15 orang yang masuk, sehingga kekosongan tinggal 12 orang lagi,” ujarnya.

Senada, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Disdik Kota Tasikmalaya Asep Sudrajat Hardipraja SPd MAk menjelaskan, untuk penyegaran peningkatan kualitas pendidikan, perlu mutasi dan rotasi kepala sekolah. Untuk itu, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya akan memasukkan kepala sekolah baru dan kepala sekolah yang pengabdiannya lebih dari tujuh tahun.

“Kita sudah mengajukan ke BKPSDM Kota Tasikmalaya untuk rotasi dan mutasi kepala SD. Semoga pelantikannya sebelum masuk sekolah yakni 10 Januari 2022,” katanya. (riz)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: