PKL Malioboro Segera Direlokasi ke Tempat Baru, Wadah PKL pun Sampaikan Permintaan Terakhir

PKL Malioboro Segera Direlokasi ke Tempat Baru, Wadah PKL pun Sampaikan Permintaan Terakhir

Radartasik.com,YOGYAKARTA - Pedagang kaki lima (PKL) yang ada di kawasan Malioboro sebentar lagi akan direlokasi ke tempat baru di bekas kantor Dinas Pariwisata DIY. Selain lokasi tersebut, sebagian PKL Malioboro lainnya akan menempati bekas gedung Bioskop Indra. 

Total pedagang yang terdata di wadah perkumpulan PKL Malioboro, Koperasi Tri Dharma berjumlah 934 orang. Hanya saja tercatat 920 pedagang yang diketahui aktif berjualan di Malioboro.

Mengggapi rencana relokasi tersebut, pengurus  Koperasi Tri Dharma menyampaikan permohonan terakhir kepada pemerintah Kota Yogyakarta maupun Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogykarta (DIY) agar dapat menunda rencana relokasi tersebut, paling tidak sampai hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada awal Mei mendatang. 

“Sampai sekarang belum ada sosialisasi mengenai kepastian waktu relokasi. Kalau kami, masih berharap agar relokasi bisa ditunda setidaknya sampai Lebaran,” kata Ketua Koperasi Tri Dharma PKL Malioboro Rudiarto, Selasa (04/01/2022). 

Menurut dia, penundaan relokasi tersebut sangat penting agar pedagang bisa memulihkan kembali perekomian mereka setelah adanya berbagai regulasi pemerintah pusat terkait pandemi Covid-19.  Selama dua tahun terakhir, PKL Malioboro disebut sangat terdampak kebijakan PPKM yang membuat kunjungan wisata ke kawasan tersebut sepi. 

“Dengan ditunda, teman-teman pedagang akan mendapat kesempatan untuk beraktivitas di Malioborosembari menutup keterpurukan ekonomi akibat pandemi,” katanya. Selama waktu tersebut, pedagang juga memiliki kesempatan menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menempati lokasi berjualan yang baru, termasuk kesiapan mental.  (mar3/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: