Stok Beras Pangandaran Cukup untuk 11 Bulan

Stok Beras Pangandaran Cukup untuk 11 Bulan

radartasik.com, PANGANDARAN — Stok beras di Kabupaten Pangandaran diperkirakan cukup untuk 11 bulan mendatang. Hal itu dikatakan Kabid Ketahanan Pangan Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rusyana.


Rusyana mengatakan kebutuhan konsumsi beras penduduk Pangandaran per bulannya adalah 4,8 ribu ton.

“Itu keseluruhan. Kalau per kapitanya 10,08 kilogram, sementara jumlah penduduk Pangandaran mencapai 432 ribu jiwa,” ucapnya Senin (3/1/2022).

Sementara jika ditambah dengan kebutuhan pangan pokok, untuk benih, sosial, pendidikan dan pakan ternak jumlahnya menjadi 5,8 ribu ton. “Karena kebutuhan untuk pangan, sosial dan lain-lain sebesar 1,5 ribu ton,” jelasnya.

Dia menyebut stok beras Kabupaten Pangandaran 72,5 ribu ton dikurangai kebutuhan di bulan Oktober sebesar 5,8 ribu ton, maka stok beras yang tersisa sebesar 66,7 ribu ton.

“Kita juga punya cadangan pangan daerah, sebanyak 51 ton yang dikurangi 12,83 ton beras yang telah disalurkan, maka cadangan beras kita sebesar 38,17 ton beras,” ucapnya.

Jadi cadangan beras yang jumlahnya mencapai 66,7 ribu ton dibagi kebutuhan sebanyak 5,8 ribu ton adalah 11,38. “Jadi bisa disimpulkan bahwa stok beras kita cukup untuk 11 bulan ke depan,” jelasnya.

Kata dia, untuk panen dalam satu tahun ini dilaksanakan sebanyak dua kali. Masa tanam juga dilaksanakan dua kali. “Kalau November tidak ada yang panen,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Dedi Surachman mengatakan selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian soal data ketahanan pangan Pangandaran. “Terutama soal stok beras tiap bulannya,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: