UPK Culamega Sukseskan Vaksinasi

UPK Culamega Sukseskan Vaksinasi

radartasik.com, CULAMEGA - Pemerintah Kecamatan Culamega bersama Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Culamega melaksanakan pengundian gebyar vaksin yang diselenggarakan di Aula kantor Kecamatan Culamega, Jumat (31/12/2021).


Ketua UPK DAPM Kecamatan Culamega Iwan mengatakan, pihaknya ikut berpartisipasi dalam hal materi dengan memberikan support berupa hadiah. Sekaligus penghargaan kepada para petugas pemerintah desa, petugas kesehatan dan lainnya yang sudah bahu membahu menyadarkan masyarakat agar mau divaksin.

“Pengundian gebyar vaksin ini dikhususkan bagi para petugas vaksin. Kemarin sistemnya untuk hadiah dikocok, karena petugas cukup banyak. Jadi secara keseluruhan dapat hadiah berupa HP dan lainnya, hanya untuk beberapa kategori,” ujarnya saat dihubungi Radar, Senin (3/1/2022).

Iwan menyebutkan, setiap kegiatan UPK DAPM ketika ada kegiatan yang bersifat umum selalu terlibat. Apalagi sekarang dalam hal vaksinasi. Termasuk, ketika ada yang mau melakukan peminjaman dana, vaksin adalah salah satu syarat.

Calon peminjam, ujar dia, diimbau agar divaksin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung program pemerintah. Meskipun memang tidak diwajibkan, namun diharuskan. “Ketika dalam rakor-rakor, UPK selalu diundang. Semua lembaga harus ikut andil dalam menyosialisasikan vaksinasi. Di UPK itu, salah satunya dalam hal peminjaman. Ketika mereka calon peminjam memenuhi persyaratan divaksin maka diharuskan,” ujar dia.

“Kita tidak menyediakan petugas kesehatan khusus untuk vaksin, namun calon peminjam melakukan vaksin di desanya masing-masing. Setiap peminjam diimbau divaksin dulu, termasuk penerapan protokol kesehatan,” kata dia, menambahkan.

Menurut dia, aturan ini tidak baku. Karena terkadang ada peminjam yang memiliki penyakit bawaan, sehingga tidak bisa dilakukan vaksinasi. “Tapi yang penting sudah dicek oleh petugas kesehatan,” ujar dia, menjelaskan. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: