Ridwan Kamil: 20 Warga Jabar Terpapar Omicron

Ridwan Kamil: 20 Warga Jabar Terpapar Omicron

radartasik.com - Dua puluh orang warga Jawa Barat (Jabar) positif terpapar virus Corona varian Omicron. 


Saat ini 20 orang warga Jabar tersebut sedang menjalani karantina di sebuah tempat Jakarta. 

"Semuanya tersisir di batas negara, yakni di bandara cuma KTP-nya tercatat sebagai warga Jabar. Jadi Omicron belum ada di tanah Jabar per hari ini. Tapi sekarang dikarantina di Jakarta ada 20 orang, belum ada penularan lokal," ungkap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (RK), dilansir detikom, di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (03/01/22).

RK memastikan tak ada transmisi lokal dari kedua puluh orang tersebut. Lantaran, mereka sepulang dari luar negeri langsung mendapatkan penanganan.

"Beda dengan di Jatim, kalau Jatim kan dari Bali masuk ke Surabaya, per berita yang saya terima Jabar tidak begitu. Banyak 20 orang tapi tidak beredar di level komunitas. Saya nyatakan belum ada transmisi lokal," ujarnya.

Pemprov Jabar, kata Kang Emil, telah membuat persiapan untuk menghadapi Omicron. 

"Pemprov Jabar bersama tim komite, pada 14 hari pasca Nataru kami asumsikan jika ada berita buruk, seperti oksigen kita persiapkan, semua diulang persiapan seperti Delta," tukasnya.

"Omicron ini berdasarkan penuturan epidemiolog, ketika rapat dengan pak Luhut kemarin, transmisinya cepat tapi fatalitasnya rendah. Penularan cepat tapi tidak ada yang dirawat di rumah sakit," katanya.

"Penularan cepat dihadapi oleh kedisiplinan 5M," sambungnya.(age)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: