Berikut Keunikan Pendidikan di Indonesia Dibanding Negara Lain

Berikut Keunikan Pendidikan di Indonesia Dibanding Negara Lain

Radartasik.com — Pendidikan Indonesia memiliki keunikan tersendiri dibanding negara lain. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Ia menjelaskan, pendidikan Indonesia terbentuk dari proses sejarah panjang yang unik. Sistem pendidikan di Tanah Air digali dari budaya dan masyarakat Indonesia.

“Ini yang membedakan sistem di Indonesia dengan negara lainnya, kita beda dengan Amerika Serikat, Australia, beda dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand,” jelas Badul Mu'ti dalam webinar, Jumat (31/12).

Pendidikan itu adalah bagian dari cultural sovereignty atau kedaulatan budaya, tidak sekadar kedaulatan politik semata. Lahirnya sistem pendidikan di dalam negeri berasal dari akar rumput masyarakat.

“Pendidikan Indonesia itu adalah tumbuh dari bawah, sehingga begitu slogan pendidikan kita itu digagas tokoh nasional kita, salah satunya Ki Hadjar Dewantara,” imbuhnya.

Satu di antaranya adalah merdeka belajar, yang kini menjadi slogan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Namun menurutnya, kebijakan tersebut tidak diartikan secara penuh.

“Merdeka belajar itu dengan pemahaman yang komprehensif, tidak bisa merdeka belajar kita comot merdeka saja, tapi perlu lihat substansif, nilai dan filosofi yang menjadi latar dari konsep itu, (jangan) dicabut dari konsep dasarnya dan konteks pendidikannya,” tutup Abdul Mu'ti. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: