Cegah Omicron di Malam Tahun Baru, Pemkot Banjar Tutup Sementara Alun-Alun

Cegah Omicron di Malam Tahun Baru, Pemkot Banjar Tutup Sementara Alun-Alun

Radartasik.com, BANJAR — Guna menghindari kerumunan saat perayaan Tahun Baru nanti malam (31/12/2021), Pemerintah Kota Banjar menutup sementara titik-titik yang biasa dikunjungi masyarakat. 


Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan penutupan sementara lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi kerumunan, merupakan kebijakan pemerintah demi menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat dari penularan Covid-19, terutama varian Omicron saat perayaan Tahun baru.

"Yang dikhawatirkan jika tidak ditutup sementara, justru menimbulkan kerumunan. Maka diambil keputusan demi keselamatan orang banyak," kata dia kepada wartawan, Jumat (31/12/21) di Pendopo Kota Banjar.

Titik-titik kerumunan yang sering digunakan masyarakat yang ditutup sementara yaitu Alun-Alun Kota Banjar, Taman Kota Lapang Bakti dan Alun-Alun Langensari. 

Penutupan sementara dilakukan saat perayaan pergantian tahun nanti malam. Setelah itu, titik-titik tersebut dibuka kembali untuk umum. 

"Penutupan sementara bukan menghambat, tapi masyarakat harus tetap sehat dan menghindari kerumunan. Waspada terhadap Covid-19 varian Omicron," tegasnya. 

Tentu hal ini berdasarkan pertimbangan yang matang. Bukan hanya sekadar dilakukan penutupan, tanpa mempertimbangkan yang lain.

Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih SIK MSi mengatakan penutupan sementara lokasi-lokasi yang menjadi tempat berkerumun, untuk mencegah dan menjaga agar Covid-19 tidak bermigrasi ke varian Omicron.
"Makanya kita lakukan penutupan dan sterilisasi titik-titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan," ujarnya. 

Pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat, tidak perlu melakukan perayaan tahun baru diluar rumah.

Melainkan dengan berdoa di rumah masing-masing. Sanksi tentu ada, namun bukan melarang. Hal ini juga guna menghindari potensi kecelakaan maupun kejahatan. 

"Meminimalisir hal tersebut, nanti malam saat pergantian tahun baru akan membirukan Kota Banjar dengan menyalakan mobil patroli berkeliling," ujarnya. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: