Pengelolaan Keuangan Desa Diperbaiki

Pengelolaan Keuangan Desa Diperbaiki

Radartasik, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut mengapresiasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa oleh Lembaga Pengembangan Aparatur Negara (Lempana).

Bupati Garut H Rudy Gunawan menyebut, bimtek yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Garut itu bisa membantu memperbaiki pengelolaan keuangan pemerintahan desa.

BACA JUGA: World Economic Forum di Davos, Menko Airlangga sampaikan Ini..

“Saya bersyukur karena ada inisiatif yang luar biasa dari Apdesi Kabupaten Garut tentang perbaikan tata kelola keuangan desa,” ujarnya dalam sambutan pelepasan peserta bimtek di Gedung Pendopo Kecamatan Garut Kota, Selasa (24/5/2022).

Sebab, kata dia, dana yang dikelola desa merupakan uang dari negara, sehingga butuh pengelolaan keuangan yang baik agar tidak ada penyalahgunaan keuangan.

“Bupati merupakan penanggung jawab tertinggi keuangan daerah dan kepala desa penanggung jawab keuangan desa,” katanya.

BACA JUGA: Kecanggihan Nightography Galaxy S22 Ultra 5G, Dibuktikan di Film Pendek 

Melalui pendidikan dan pelatihan, dia meminta agar perangkat desa bisa memahami pengelolaan keuangan desa.

“Saya berharap pendidikan latihan sistem keuangan desa yang berbasis elektronik ini menjadikan model agar semua perangkat desa di Kabupaten Garut profesional,” ujarnya.

Ketua Apdesi Jawa Barat Dedi Kusdinar mengatakan, ada sekitar 230 perangkat desa dari 100 desa di Kabupaten Garut yang mengikuti Bimtek Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa. Setiap desa 1-3 orang perangkat desa yang ikut bimtek.

“Bimtek dilaksanakan selama empat hari di Hotel Horison Bandung,” ujarnya. (son)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: