Hari Ini, Vaksinasi Anak Usia Dini Dimulai

Hari Ini, Vaksinasi Anak Usia Dini Dimulai

radartasik.com, TAROGONG KIDUL — Pemerintah Kabupaten Garut akan memulai vaksinasi kepada anak usia 6 sampai 11 tahun mulai hari ini Rabu (29/12/2021).


Kick off vaksinasi ini akan dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Daya Susila (Dasus) Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan kegiatan vaksinasi dengan menyasar anak usia 6-11 tahun ini dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Garut.

Karena pihaknya menginginkan sebelum hadi jadi ke-209 Garut (HGJ) pada 16 Februari 2022, cakupan vaksinasi dosis pertama di daerahnya bisa mencapai 80 persen.

“Targetnya kami selesai untuk vaksin satunya adalah 30 hari, sebelum hari ulang tahun (Garut). Yang umum bisa 80 persen, yang vaksinasi anak bisa 100 persen dosis satunya,” kata Rudy dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Rudy menerangkan untuk vaksinasi anak di Kabupaten Garut, ada sekitar 400 ribu anak yang akan menjadi target vaksinasi. Dalam pelaksanaan vaksinasi anak ini, akan difokuskan di sekolah-sekolah dengan didampingi oleh orang tua anak.

“Vaksinasi anak itu lebih gampang ya daripada ibu-ibu, anak itu ada di sekolah ya, iya semuanya (difokuskan) di sekolah di dampingi orang tua,” katanya.

Ia juga mengajak para orang tua untuk menyukseskan vaksinasi anak ini, karena menurutnya vaksinasi merupakan salah satu cara untuk sehat di masa pandemi Covid-19.

“Ayo kita sukseskan vaksinasi 6 (sampai) 11 tahun, bawalah anak-anak dan yakinkan anak-anak untuk divaksin, tentu kita berharap anak-anak kita sehat, kuat, cerdas, dan berakhlakul karimah, kami akan memvaksin, (namun) terlebih dahulu dilakukan skrinning, lalu dilakukan vaksin supaya sehat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut, Asep Surachman, menyebutkan, dari target 400 ribu itu, pihaknya baru memperoleh data sasaran Anak sementara dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) sebanyak 275.848.

“Target kita diangka 400 ribu, tetapi data yang baru didapat baru 275.848 anak yang bisa divaksin,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: