Atap Kelas SDN 2 Cimaragas Ambruk, Disdik Lakukan Evaluasi

Atap Kelas SDN 2 Cimaragas Ambruk, Disdik Lakukan Evaluasi

radartasik.com, CIAMIS — Atap kelas SDN 2 Cimaragas yang ambruk akan diusulkan segera dibangun kembali menggunakan anggaran darurat bencana alam. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Saeful Rahmat kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).


Kata dia, atas kejadian ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait, termasuk BPBD Kabupaten Ciamis. “Hasil koordinasi akan dibangun kembali menggunakan anggaran darurat bencana alam,” paparnya.

Kata Asep, dari BPBD Kabupaten Ciamis sudah asesmen dan akan diusulkan pembangunannya paling lambat awal tahun 2022. “Sedangkan untuk atapnya yang menggunakan rangka baja ringan, kami akan mengevaluasi bangunan tersebut. Nantinya atap baja ringan tidak boleh menggunakan genting tanah agar bebanya tidak berat,” tuntasnya.

Terpisah, Muhammad Bar, direktur CV Kurnia yang fokus terhadap baja ringan memberikan tanggapan terkait fenomena ambruknya atap baja ringan yang menggunakan genting tanah. Sebenarnya banyak faktor penyebab atap baja ringan tersebut ambruk.

“Kalau melihat kejadian tersebut, salah satu faktornya beban berat. Kemudian jarak kuda-kuda terlalu jauh, kemungkinan juga pemasangan baut yang kurang kencang atau memang kualitasnya kurang baik. Tapi yang paling utamanya adalah beban berat dari genting, karena harusnya menggunakan genting yang ringan juga,” ujar dia, menjelaskan.

Kata dia, pemerintah harus melakukan evaluasi terhadap konstruksi bangunan sekolah yang menggunakan atap baja ringan. Sehingga gentingnya bisa menyesuaikan dengan menggunakan yang ringan, karena kalau genting biasa sudah banyak kejadian yang ambruk. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: