Kades Diminta Bangkitkan BUMDes

Kades Diminta Bangkitkan BUMDes

Radartasik, CIAMIS - Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian lokal desa, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya me-launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Awards 2022 di Islamic Center Ciamis, Senin (23/5/2022) pagi.

Herdiat mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Ciamis atas kerja samanya sehingga acara ini bisa terlaksana.

“Saya bersama Kajari pernah berbincang bersama dan gagasan beliau tentang BUMDes Awards ini nyambung dan sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Herdiat mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis dianugerahi sumber daya alam yang luar biasa, sehingga potensi tersebut seharusnya dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan oleh desa. 

“Kita menyadari sepenuhnya Ciamis ini dianugerahi alam yang luar biasa, kalau betul-betul kita dapat memanfaatkan dan menggali potensi ini tentu akan menumbuhkan perekonomian desa,” jelasnya.

Menurutnya, hanya SDA yang tidak terpengaruh oleh adanya pandemi, baik itu pertanian, perikanan maupun peternakan. Sehingga menjadi peluang tumbuhnya perekonomian desa jika mampu dikelola dengan baik. “Hasil tani Ciamis sangat melimpah, baik sayuran, kopi dan bahkan penyuplai daging ayam terbesar di Jawa Barat, namun kita belum mampu mengelola secara terintegrasi,” jelas dia.

Kemudian, lanjut dia, maju dan tidaknya BUMDes tergantung kepada kemampuan kepala desanya. “Bagaimana pun BUMDes ini owner-nya kepala desa, jadi maju dan tidaknya bagaimana keberpihakan kades,” katanya.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH SIK MT melalui Kasat Binmas Polres Ciamis AKP Roesdiana mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah dalam sisi hukum dan keamanan BUMDes di wilayah Kabupaten Ciamis. Sehingga BUMDes dapat berkembang, maju dan memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

“Kami minta peran serta semua pihak dalam pengelolaan BUMDes. Laporkan sesegera mungkin sejak dini ketika menemukan hal yang berpotensi atau diduga mengarah melawan hukum, seperti korupsi. Sehingga BUMDes di wilayah Kabupaten Ciamis sehat dan bermanfaat bagi warganya,” pungkasnya. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: