Pemerintah pangandaran Pasang CCTV untuk Pantau Wisatawan

Pemerintah pangandaran Pasang CCTV untuk Pantau Wisatawan

PANGANDARAN — Balawista Kabupaten Pangandaran bersiap menghadapi libur Tahun Baru 2022.


Sekretaris Balawista Kabupaten Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan sudah memasang rambu-rambu di sepanjang pantai untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut saat liburan. “Ada sekitar 20 titik kang, yang dipasang rambu-rambu,” ucapnya Senin (27/12/2021).

Ia mengatakan rambu-rambu tersebut ada yang disuplai dari asuransi dan juga Dinas Pariwisata adan Kebudayaan. ”Dari Disparbud sekitar 10 sampai 15 rambu yang sudah dipasang. Kita pasang di titik-titik berbahaya,” jelasnya.

Kata dia, sampai saat ini belum ada penambahan personel untuk menghadapi libur Tahun Baru. ”Personel yang ada dulu, jumlahnya ada 40 orang. Paling kita mah ada bantuan dari Dinkes untuk tenaga kesahatan, kemudian dari TNI dan Polri,” ucapnya.

Pihaknya melakukan upaya preventif dengan mengeluarkan imbauan untuk tidak masuk ke daerah berbahaya untuk berenang. ”Ya kita sebar lewat broadcast, yang berisi imbauan-imbauan,” ujarnya.

Kemudian untuk pemantauan di sepanjang Pantai Pangandaran, ada 20 CCTV yang terpasang. ”Itu dari Kominfo. Kita bisa melihat kondisi pantai saat libur Tahun Baru nanti,” jelasnya.

Kata dia, CCTV tersebut ada yang bisa di-zoom dan digerakan ke kiri dan kanan, kemudian atas dan bawah. ”Termasuk yang dipasang di depan pintu tol gate,” katanya.

Pelaku usaha wisata Kurniadi (40) mengatakan memperhatikan betul keselamatan wisatawan. ”Seperti penggunaan life jacket, itu pasti kita perhatikan betul,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: