Memakai Chip Otak, Pria Lumpuh Bisa Mengirim Pesan Hanya Dengan Memikirkannya

Memakai Chip Otak, Pria Lumpuh Bisa Mengirim Pesan Hanya Dengan Memikirkannya

Radartasik.com SEBUAH perusahaan yang menanamkan Chip komputer saraf ke otak mengatakan seorang pasien dengan penyakit sistem saraf yang membuatnya tidak bergerak dapat berbagi posting di media sosial hanya dengan memikirkannya.


Philip O'Keefe pria berusia 62 tahun di Australia didiagnosis dengan amyotrophic lateral sclerosis (ALS), penyakit yang menyebabkan kelumpuhan. Namun berkat kemajuan teknologi sekarang ia dapat mengomunikasikan pikiran dengan orang lain tanpa melibatkan aktivitas otot. Pada hari Kamis (24/12/2021), ia menuliskan posting di media sosial,  "hanya menggunakan pemikiran langsung," hal ini diumumkan oleh Synchron perusahaan yang memasang chip itu.

Tweet yang dilakukan hanya dengan cara memikirnya dibuat secara nirkabel dari otak O'Keefe, menurut Synchron. Setelah kelumpuhan pria itu memasang antarmuka komputer otak yang disebut “Stentrode” tahun lalu. Implan itu dirancang untuk memungkinkan pasien mengontrol perangkat digital secara nirkabel melalui pikiran, dimasukkan melalui vena jugularis untuk menghindari pengeboran ke dalam tengkorak.

Dikutip dari Russian Today, Philip O'Keefe mengatakan “Sekarang, saya hanya memikirkan di mana di komputer yang ingin saya klik, saya dapat mengirim email, bank, toko, dan mengirim pesan ke dunia melalui Twitter.”

O'Keefe menambahkan bahwa  sistem menakjubkan itu butuh latihan, sama seperti belajar naik sepeda,  tapi begitu Anda menggelinding, itu menjadi alami."

Pria itu, meskipun mengalami kelumpuhan yang melemahkan, sekarang dapat terlibat dalam aktivitas independen dan terhubung kembali dengan dunia, Synchron juga berencana untuk lebih mengembangkan antarmuka komputer otaknya dalam studi pada manusia di AS tahun depan. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: