Pengidap Kanker Meninggal Dituding Karena Petugas Lalai, Begini Penjelasan RSHS Bandung

Pengidap Kanker Meninggal Dituding Karena Petugas Lalai, Begini Penjelasan RSHS Bandung

Radartasik, BANDUNG – Video seorang pasien pengidap kanker stadium 4 meninggal saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) BANDUNG viral di media sosial.

Dalam video viral itu disebut-sebut pasien pengidap kanker stadium 4 meninggal karena petugas rumah sakit lalai untuk mengganti tabung oksigen.

Pelaksana Harian (PLH) Direktur Utama RSHS Bandung Dr Yana Akhmad Supriatna SpPD-KP memberi penjelasan terkait video viral pengidap kanker stadium 4 meninggal lantaran petugas lalai itu.

Yana mengatakan oksigen yang diberikan kepada pasien tersebut tidak habis. Bahkan, udara yang diberikan tetap mengalir seperti biasa.

”Terkait dengan pemberitaan masalah oksigen, bahwa oksigen yang diberikan kepada pasien tidak habis, dan terlihat juga oksigen dari tabung oksigen ada masker yang dipakai oleh pasien, masker juga mengembun berisi udara, dan tabung juga ada angka yang menunjukkan volume oksigen tidak kosong,” paparnya saat mengklarifikasi kejadian tersebut melalui virtual dikutip dari Jabarekspres.com, Jumat (20/5/2022).

Yana menambahkan jika dilihat bahwa kondisi, pasien tersebut dalam kondisi yang cukup serius. Sehingga, pada saat itu pihaknya langsung menempatkan pasien tersebut ke ruangan observasi.

”Karena pasien ini cukup serius, kami sebagai petugas menempatkan pasien di tempat yang harus diobservasi, dan dapat dilihat juga terdapat tabung oksigen lainnya (cadangan) selain yang digunakan oleh pasien, dan kemudian juga dalam perawatan,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, Yana selaku dari pihak dari RSHS Bandung meminta maaf kepada keluarga pasien dan menyampaikan turut berbela sungkawa.

”Dalam kesempatan ini kami (RSHS Bandung) menyampaikan permohonan maaf dan menanggapi video yang viral di sosmed (sosial media), dan kami juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya pasien kami yang dirawat,” tuturnya.

Diketahui, viral sebuah video di media sosial pasien pengidap kanker stadium 4 meninggal saat menjalani perawatan intensif di RSHS Bandung karena petugas rumah sakit lalai untuk mengganti tabung oksigen.

Video tersebut memperlihatkan adanya perdebatan antara petugas dengan keluarga pasien. Keluarga pasien juga marah kepada petugas Rumah Sakit karena dianggap lalai dalam mengganti tabung oksigen yang sudah habis pada saat digunakan pasien. Akibatnya pasien meninggal dunia. (disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: