DGA 2021 jadi Ajang Pembuktian Kualitas Industri Game Tanah Air

DGA 2021 jadi Ajang Pembuktian Kualitas Industri Game Tanah Air

Radartasik.com — Penghargaan terhadap sejumlah pelaku industri game tanah air baru saja diberikan Telkomsel melalui ajang Dunia Games Awards (DGA) 2021.

Pada Kamis (23/12) malam, pengumuman tersebut disiarkan secara virtual melalui aplikasi MAXstream, serta kanal YouTube Dunia Games.

Total, ada sebanyak 17 kategori penghargaan dalam ajang tersebut mencakup kategori Lifetime Achievement untuk para gamers, atlet E-Sports profesional, contentcreator, E-Sports organizer, publisher dan developer game lokal. Kemudian, celebrity gamers, serta fan club E-Sports yang turut memberi warna tersendiri dalam perjalanan ekosistem e-sports di tanah air.

Pemenang penghargaan tersebut ditetapkan berdasarkan mekanisme voting masyarakat dan pencinta game melalui laman resmi Dunia Games. Sebelumnya, voting telah dilaksanakan sejak 1-14 Desember 2021 lalu.

“Penghargaan DGA 2021 disambut positif oleh seluruh pihak. Saya juga berharap, ajang ini juga menjadi stimulus untuk terus berkarya, berprestasi, dan berkontribusi lebih pada perkembangan industri game dan esports Tanah Air,” kata Vice President (VP) Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana melalui jumpa pers daring.

Lebih jauh, dirinya berharap DGA tidak hanya menjadi ajang apresiasi semata. Lebih dari itu, DGA juga diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi bersama seluruh industri.

Khususnya dalam pemanfaatan solusi teknologi terintegrasi guna mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia. Buat gamers enthusiast, menariknya, DGA 2021 juga menyajikan berbagai pertunjukan.

Mulai dari charity fun match, cosplay parade, hingga pertunjukan musik. Ragam acara ini dibuat untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Bersamaan dengan momen DGA 2021, Telkomsel turut menghadirkan konten dokumenter orisinal bertajuk 'Indonesian E-Sports Legend — Push It Down!'. Seperti judulnya, dokumenter ini berisi sejumlah kisah gamers dan bidang terkait lainnya dalam berjuang di industri game Indonesia.

Melalui konten tersebut, Telkomsel menunjukkan perkembangan industri game dan e-sports Indonesia. Kehadiran dokumenter itu juga merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi bagi seluruh entitas industri untuk terus bergerak maju dalam memperkuat ekosistem games dan e-sports nasional untuk kemajuan bangsa.

Nirwan menambahkan bahwa industri gaming dan e-sports Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh. Bahkan, berpotensi menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital nasional di masa depan dengan dibuktikan telah menjadi salah satu sektor yang berkontribusi pada pendapatan domestik bruto (PDB) 2020.

Walau demikian, lanjut Nirwan, perlu komitmen untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Karenanya, sinergi dan dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan. “Ke depan, kami berharap dapat kembali menghelat DGA dengan skala yang lebih besar untuk dapat mengapresiasi berbagai capaian yang lebih luas di sektor ekonomi kreatif nasional,” tandas Nirwan. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: