100 Ribu Perempuan Hidup di Garis Kemiskinan

100 Ribu Perempuan Hidup di Garis Kemiskinan

radartasik.com, TAROGONG KIDUL — Bupati Garut H Rudy Gunawan menyebut saat ini masih banyak kaum perempuan di Kabupaten Garut hidup di dalam garis kemiskinan. Berdasarkan data yang dimilikinya, ada sekitar 100 ribu kalangan perempuan yang masih berada dalam garis kemiskinan.


“Meski berada di garis kemiskinan, tetapi miskinnya tidak terlalu ekstrem,” ujar Rudy saat upacara Peringatan Hari Ibu ke-93 di Lapangan Setda Garut, Rabu (22/12/2021).

Rudy menerangkan, dengan masih banyaknya kalangan perempuan yang hidup miskin, Pemkab Garut terus melakukan langkah dalam menekan angka kemiskinan. Salah satu yang dilakukan yakni melakukan pemberdayaan perempuan dalam peningkatan taraf hidup kaum perempuan.

Selain pemberdayaan, pihaknya juga fokus dalam memberikan perlindungan bagi perempuan. Hal itu dilakukan karena saat ini banyak yang menjadi korban kekerasan adalah perempuan. “Bilamana ibu-ibu menemukan sesuatu yang berakibat buruk terhadap hidup perempuan atau anak-anak, segera ibu melaporkan kepada kami,” terangnya.

Rudy juga berpesan kepada para ibu untuk senantiasa melindungi anak-anak dari tindak pidana. “Ayo kita lindungi anak-anak kita dari suatu tindak pidana, dalam bentuk apapun kita mempunyai kewajiban menyelamatkan warga kita sekalian. Tentu saya berharap gerakan kaum perempuan di Kabupaten Garut lebih baik lagi,” ungkapnya.

Di momen Hari Ibu, Rudy mengabarkan akan memberikan hibah atau bantuan dana dalam rangka penguatan organisasi perempuan tahun 2023. “Nanti kita akan memberikan bantuan keuangan dalam rangka penguatan organisasi kaum perempuan Kabupaten Garut di luar GOW, di luar Dharma Wanita, di luar Persit, dan di luar Bhayangkari sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Rudy.

Kepala Dinas P2KBP3A Garut Yayan Waryana mengatakan, pemberdayaan perempuan yang terus dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup perempuan. Jika kaum perempuan sudah berdaya, maka anaknya akan terlindungi, akan menjadi keluarga yang berketahanan dan menjadi keluarga yang secara lahir sehat wal afiat dan bahagia secara batin. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: