Anak dan Istri Dewan Terkena DBD, Cegah dengan Fogging dan 3M Plus

Anak dan  Istri Dewan Terkena DBD, Cegah dengan Fogging dan 3M Plus

radartasik.com, CIAMIS - Istri dan satu orang anak Anggota DPRD Ciamis dari Fraksi PKS H Uus Rusdiana terkena Demam Berdarah Dengue (DBD), kini dirawat di RSUD Ciamis.


Guna mengantisipasi penyebaran DBD, Dinas Kesehatan dan Desa Nasol Kecamatan Cikoneng melakukan fogging di sekitar rumah Anggota DPRD Ciamis tersebut di Dusun Nasol RT 7 RW 2 Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupupaten Ciamis, Selasa (21/12) pagi.

Sekdes Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Abdul Latif mengatakan, di wilayahnya ada yang terserang DBD yaitu Sugiyah dan anaknya bernama Muhammad Ghozwah Jundal. Keduanya adalah istri dan anak dari anggota DPRD Ciamis H Uus Rusdiana dari Fraksi PKS.

“Upaya kami dari desa bekerja sama dengan Dinkes Ciamis untuk mengambil langkah cepat yaitu dengan cara melakukan fogging,” paparnya.

Ungkap Abdul, upaya pemogingan sementara baru 40 rumah saja, hal itu guna mengantisipasi penyebaran DBD. Semoga dengan pemogingan tidak ada penyebaran DBD di wilayahnya semua sehat-sehat dan tidak ada lagi korban yang berjatuhan. “Upaya kami tidak lain pencegahan agar tidak ada penyebaran DBD,” paparnya.

Pihaknya juga terus menghimbau kepada masyarakat agar melakukan gerakan bersih-bersih. Mengingat saat ini musim hujan di mana nyamuk itu sangat betah di tempat kotor dan banyak air. Makanya kalau ada air yang tergenang di sampah atau kaleng segera dibersihkan. Selain itu sering menguras bak mandi juga agar tidak dijadikan tempat sarang nyamuk.

“Itu langkah kami agar masyarakat selalu taat dan patuh dalam kesehatan, karena kalau sudah ada korban tentunya sangat bahaya penyebaran DBD,” terangnya.

Kabid Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis dr Harun Al Rasyid mengatakan bahwa telah melakukan langkah fogging di sekitar rumah anggota DPRD Ciamis H Uus Rusdiana. Karena istri dan anaknya terkena DBD dan mendapatkan perawatan di RSUD Ciamis.

“Sebagai langkah awal kami bersama desa lakukan fogging agar tidak ada penyebaran DBD,” paparnya.

Pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat saat ini musim hujan pastinya nyamuk akan betah bersarang. Makanya dalam upaya pencegahan DBD harus ada langkah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus. “Itu harus dilakukan adalah PSN di setiap kampung dan lingkungan masing-masing. Karena saat musim hujan DBD mengalami peningkatan,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: