Alumnus Tersangkut Korupsi, Binus Bakal Copot Gelar

Alumnus Tersangkut Korupsi, Binus Bakal Copot Gelar

Radartasik.com — Universitas Bina Nusantara (Binus) konsen memerangi korupsi. Binus bahkan tak segan mencabut gelar bagi alumnusnya yang melakukan perbuatan praktik dugaan korupsi. 

Hal ini pun dibenarkan oleh pihak Binus. “Iya betul,” kata Humas Binus, Haris Suhendra kepada JawaPos.com, Senin (20/12). Haris menyampaikan, pihaknya sudah lama menerapkan kebijakan tersebut. 

Bahkan pihak secara kelembagaan, aturan itu sudah diberlakukan sejak 2016 lalu. “Sudah diberkalkukan dan ditetapkan lembaga sejak 2016,” tegas Haris.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat menyampaikan, perguruan tinggi menjadi terdakwa utama dalam sengkarut korupsi di Indonesia. Sebab, sebanyak 86 persen koruptor adalah lulusan perguruan tinggi.

“Jika dilihat dari pelaku-pelaku korupsi dan kolusi, perguruan tinggi menjadi terdakwa utama di dalam kemelut yang menimpa bangsa ini. Terutama kemelut korupsi di Indonesia,” ucap Mahfud saat memberikan kuliah umum di Universitas Semarang (USM), Jawa Tengah Rabu (20/10) lalu.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berujar, perguruan tinggi memiliki peran besar dalam membawa perubahan serta kemajuan bagi negara. Karena berkat lulusan perguruan tinggi, banyak inovasi bagu kemajuan bangsa.

“Tapi juga harus diingat, bahwa Perguruan tinggilah yang membawa kemajuan terhadap bangsa ini. Berkat lulusan perguruan tinggi banyak inovasi-inovasi dilakukan di berbagai hal,” tandas Mahfud. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: