Anggota Basarnas Disiagakan di Objek Wisata

Anggota Basarnas Disiagakan di Objek Wisata

radartasik.com, PANGANDARAN — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan anggotanya di Objek Wisata (Obwis) Pangandaran. Petugas disiagakan untuk menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Koordinator Pos SAR Pangandaran Edwin mengatakan kesiapsiagaan menghadapi bencana saat Nataru penting. “Bukan kita berharap ada bencana, tapi antisipasi itu perlu,” ungkapnya kepada wartawan Jumat (17/12/2021).

Edwin mengatakan semua tim akan diturunkan. Stand by di objek wisata mulai 20 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022. “Ini juga merupakan rogram Basarnas dalam rangka kesiapsagaan saat Libur Nataru,” ucapnya.

Menurutnya, potensi bencana bisa terjadi, apalagi Pangandaran masuk daerah rawan bencana. “Kita tempatkan personel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena kita tidak tahu bencana apa yang akan terjadi, namun kita tidak berharap bencana apapun terjadi,” katanya.

Selain itu, kata dia, adanya belasan petugas Basarnas bisa memberikan rasa nyaman kepada wisatawan. “Kami juga akan memberikan edukasi kepada wisatawan tentang keselamatan diri,” ucapnya.

Basarna juga melakukan koordinasi dengan stakeholder di Kabupaten Pangandaran dalam antisipasi bencana. “Baik unsur TNI-Polri, BPBD, BMKG dan unsur-unsur yang lainnya. Termasuk sekarang, persiapan Nataru,” jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Kustiman siap untuk penjagaan Nataru. “Termasuk para relawan bencana,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: