Bantuan Korban Gempa 2017 Baru Cair

Bantuan Korban Gempa 2017 Baru Cair

radartasik.com, CIAMIS - Sebanyak 134 kepala keluarga (KK) yang merupakan korban gempa bumi tahun 2017 di Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican mendapat bantuan stimulan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis. Bantuan tersebut diserahkan kepada para korban untuk kategori rusak ringan, sedang maupun berat. 


Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, bantuan yang diserahkan kepada para korban bersumber dari APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2021. “Bantuan ini bersumber dari APBD, meskipun anggaran saat ini dalam kondisi defisit namun kami tetap mengupayakannya,” ujarnya, kemarin.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah mencoba mengusulkan bantuan kepada pemerintah provinsi dan pusat. Namun, sampai saat ini belum juga ada respons dan akhirnya pemerintah daerah mengalokasikan bantuan tersebut. “Meski begitu kami tetap semangat dan optimis jika kita bersama-sama bahu membahu insyaallah semua masalah dapat diselesaikan,” kata dia, menjelaskan.

Herdiat menjelaskan, bantuan stimulan tersebut terdiri untuk kategori rusak ringan masing-masing mendapat Rp 1 juta, rusak sedang Rp 2,5 juta dan untuk kategori rusak berat mendapat bantuan masing-masing Rp 5 juta. 

“Bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian dan kadeudeuh dari pemerintah daerah, walaupun nilainya tidak seberapa mudah-mudahan dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya, menjelaskan.

“Saya menjamin dan menegaskan bahwa bantuan stimulan tersebut dipastikan tidak akan ada potongan sepeser pun, artinya semua penerima mendapatkan utuh,” ujar dia, menjelaskan.

Camat Pamarican Maman Somantri mengatakan, penyerahan bantuan ini meliputi tiga desa termasuk Desa Sidamulih dengan total 134 KK dengan rincian rusak berat 15 KK, rusak sedang 51 KK dan rusak ringan 68 KK. “Saya berterim kasih kepada pemerintah daerah yang sudah merealisasikan bantuan tersebut yang sudah lama dinantikan masyarakat korban gempa 2017,” kata dia. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: