Kapolres Banjar Turun ke Terminal. Ada Apa Periksa Bus dan Sopir?

Kapolres Banjar Turun ke Terminal. Ada Apa Periksa Bus dan Sopir?

Radartasik.com, BANJAR - Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Polres Banjar bersama Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar ramchek atau pemeriksaan laik jalan kendaraan dan memeriksa kesehatan sopir dan kernet. 
 
Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih SIK MSi mengatakan, pemeriksaan dilakukan kepada sopir dan kernet bus untuk menunjukkan kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan yang dibawanya.

"Kita lakukan pengecekan dan pencocokan kendaraan melalui barcode dengan data yang ada di sopir bus," kata dia kepada wartawan saat sidak di Terminal Bus Banjar, Jumat (17/12/21).  
Diakuinya, saat ramchek masih ditemukan beberapa pelanggaran administrasi. Pelanggaran lainnya yakni kendaraan kurang laik jalan.

"Selain itu dicek juga aspek keselamatan mau pun prokesnya. Baik penumpang dan calon penumpang harus sudah divaksin 2 kali," tegasnya. 

Sambung dia, kendaraan yang tidak laik jalan tidak diperkenankan beroperasi atau digunakan. Karena jika dipaksakan khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kadishub Kota Banjar Ajat Sudrajat melalui Kabid Lalin Fera menambahkan, ramchek ini rutin dilaksanakan guna memastikan kelaikan kendaraan pengangkut penumpang.

"Kendaraan bus yang akan masuk atau yang keluar terminal tak luput dari pemeriksaan dan pengecekan kita. Ini demi keselamatan bersama," ujarnya. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: