Awal 2022 Kota Tasik Hadapi Curah Hujan Tinggi, Simak Nih Instruksi Yusuf

Awal 2022 Kota Tasik Hadapi Curah Hujan Tinggi, Simak Nih Instruksi Yusuf

Radartasik.com, KOTA TASIK — Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf menyatakan menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kota Tasikmalaya saat ini menghadapi fase curah hujan tinggi. Puncaknya terjadi pada Januari-Februari 2022.

Kondisi cuaca ini, kata Yusuf, berpengaruh pada peningkatan risiko bencana cuaca ekstrim atau ancaman bencana hidrometeorologi.

”Apalagi dalam dua bulan terakhir ini telah terjadi dampak dari cuaca esktrim di Kota Tasik. Seperti genangan air, luapan air, pohon tumbang, longsor dan lain sebagainya,” ujar Yusuf kepada radartasik.com usai Apel Kesiapsiagaan Bencana di halaman Bale Kota, Kamis (16/12/2021).

Menyikapi hal tersebut, Yusuf mengimbau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) meningkatkan edukasi, sosialisasi dan mitigasi dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir dan longsor.

”Ini upaya pencegahan ancaman bencana. Kemudian lakukan monitoring secara berkala dan menyebar luaskan informasi peringatan dini cuaca dan ancaman potensi bencana serta wilayah terdampak,” terang Yusuf.

Selain kepada BPBD, Yusuf pun menginstruksikan dinas lain turut menangani kebencanaan. Seperti, Dinas PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) diminta menyiagakan alat-alat berat untuk penanganan di daerah aliran sungai yang rawan banjir.


”Lalu DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) agar melakukan pemantauan dan pemangkasan terhadap pohon-pohon pelindung yang rawan tumbang,” beber Yusuf.

Yusuf menambahkan Dinas Kesehatan dan organisasi perangkat daerah lainnya juga diminta menyiapkan sumber daya tenaga kesehatan dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir dan longsor.

”Para camat dan lurah juga harus turut serta menyosialisasikan daerah rawan bencana serta mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi bencana alam,” jelas Yusuf. (Rezza Rizaldi / Radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: