Ular Tiga Meter Ditangkap di Ruang Kelas

Ular Tiga Meter Ditangkap di Ruang Kelas

radartasik.com, TASIK — Seekor ular sanca ditemukan warga memasuki ruangan kelas di SMPN 17 Tasikmalaya, Selasa (14/12/2021). Beruntung ular tersebut ditemukan sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.


Dari informasi dihimpun Radar Tasikmalaya, ular tersebut ditemukan siswa yang baru tiba di kelas. Siswa itu pun langsung melaporkannya ke salah seorang tenaga pengajar yang kemudian menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya.

Bidang Damkar BPBD Kota Tasikmalaya menerima laporan tersebut sekitar pukul 06.55. Petugas pun langsung diturunkan ke lokasi, Jalan Sindang Mulih Kelurahan Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya.

Kabid Damkar BPBD Kota Tasikmalaya Mulyono mengatakan saat petugas datang ke lokasi, siswa sudah mulai berdatangan ke sekolah. Posisi ular berada di jendela kaca ruang kelas. “Petugas langsung melakukan evakuasi binatang tersebut,” ungkapnya.

Dengan menggunakan tongkat besi, petugas menarik ular tersebut masuk ke dalam ruang kelas. Saat hendak dimasukkan ke dalam karung, ular tersebut malah membelit tangan petugas.

Namun tidak butuh waktu lama, akhirnya binatang melata itu bisa diamankan ke dalam karung. Proses evakuasi menjadi tontonan para siswa yang saat itu sudah tiba di sekolah. “Proses evakuasi sekitar 15 menit,” ujarnya.

Komandan Regu 3 Damkar Kota Tasikmalaya Budi Permana menyebutkan ular yang diamankan merupakan jenis sanca kembang dengan ukuran tiga meter. Diduga ular itu berasal dari area persawahan yang dekat dengan kawasan sekolah. “Sekolah itu kan berdampingan dengan sawah, kemungkinan dari situ,” ucapnya.

Pihaknya langsung mengamankan ular tersebut ke markas Damkar. Hal itu. guna memberikan kenyamanan bagi para siswa dan guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar. “Karena keberadaan ular ini bisa berbahaya juga,” ujarnya.

Sanca kembang diketahui merupakan jenis ular yang biasa hidup di wilayah berair seperti rawa, kolam dan sungai. Meski bukan ular berbisa, namun lilitan ular jenis ini bisa mematikan. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: