Monyet Teror Warga Rancah, Serang Puluhan Hewan Ternak, Perbakin Turun Tangan

Monyet Teror Warga Rancah, Serang Puluhan Hewan Ternak, Perbakin Turun Tangan

radartasik.com, CIAMIS — Monyet liar meneror warga Desa Kiarapayung Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Hewan liar tersebut tidak hanya memakan buah-buahan milik warga, melainkan menyerang dan melukai ternak, Selasa (14/12/2021).


Kepala Desa Kiarapayung Kecamatan Rancah Dedi mengatakan laporan adanya teror monyet liar tersebut sudah banyak dari warga. Namun, sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui dari mana monyet tersebut datang.

“Pada September juga sudah muncul ke perkampungan warga, namun tidak separah ini. Namun, sekarang datang lagi dan sangat meresahkan, apalagi ternak warga dilukai seperti ayam dan domba,” ujar dia kepada Radar Tasikmalaya, kemarin.

Kata dia, selama ini tidak ada warga Kiarapayung yang memelihara monyet. Sehingga, warga pun heran dengan kemunculan monyet tersebut, apalagi ukurannya cukup besar yang bisa dengan mudah menyerang ayam dan domba. “Warga khawatir monyet itu menyerang manusia, terlebih anak-anak,” kata dia, menambahkan.

Akibat serangan monyet ini, kata dia, warga mengalami banyak kerugian. Selain pohon buah-buahan yang dirusak juga ada ternak ayam dan domba yang dilukai, bahkan ada beberapa juga yang mati. “Kalau ditotalkan kerugian warga akibat monyet ini sekitar Rp 45 juta,” ungkapnya.

Menyikapi hal ini, kata dia, pemerintah desa dan warga kompak mulai mencari dan memburu monyet tersebut, karena sudah sangat meresahkan. “Bahkan kami sampai melibatkan Perbakin Ciamis, namun sampai saat ini belum tertangkap,” kata dia.

Kader Konservasi Ciamis Raksagiri Sawala Ilham Purwa mengatakan, kemunculan monyet di Kiarapayung Rancah adalah jenis macaca fascicularis. Monyet tersebut asli dari Asia Tenggara yang tersebar di berbagai tempat di Asia.

“Monyet ini lebih sering disebut kera ekor panjang. Hewan ini sangat liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia,” ujar dia, menjelaskan.

Lanjut dia, akibat serangan monyet ini warga dibuat resah karena beberapa hewan ternaknya di serang monyet, bahkan sampai ada yang menyebabkan kematian. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: