Baznas Garut Targetkan Pengumpulan Zakat Hingga Rp 20 Miliar

Baznas Garut Targetkan Pengumpulan Zakat Hingga Rp 20 Miliar

radartasik.com, GARUT KOTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut terus melakukan upaya meningkatkan pengumpulan zakat infak dan sedekah (ZIS) dari masyarakat.


“Sekarang kita baru bisa mengumpulkan zakat Rp 9 miliar, tapi tahun depan kita targetkan pengumpulan zakat ini bisa mencapai Rp 20 miliar,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Garut Abdullah Efendi kepada wartawan saat silaturahmi dengan perwakilan instansi pemerintah dan swasta di Islamic Center, Selasa (14/12/2021).

Abdullah menerangkan untuk mencapai target tersebut, pihaknya melakukan berbagai upaya. Salah satunya memaksimalkan pengumpulan zakat di instansi pemerintah. Sampai saat ini, instansi pemerintah paling banyak dalam pengumpulan zakatnya.

“Kita maksimalkan pengumpulan di sana. Mudah-mudahan bisa meningkat. Minimal di angka Rp 12 miliar,” ujarnya. 

Apabila meningkat, kata dia, beberapa program Baznas Garut dalam menekan angka kemiskinan dan peningkatan indeks prestasi masyarakat (IPM) juga bisa meningkat.

Baznas juga terus mengoptimalkan petugas pengumpulan zakat di berbagai perusahaan swasta di Kabupaten Garut. “Saat ini perusahaan sudah mulai membayar zakatnya melalui Baznas. Kita upayakan meningkat terus,” terangnya.

Dengan peningkatan pengumpulan zakat, bisa membantu pemerintah dalam meminimalisasi angka kemiskinan di Kabupaten Garut. “Kalau seluruh masyarakat sudah sadar membayar zakat, kami yakin masyarakat miskin terus berkurang,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: