Lapuk, Rumah Lansia Ambruk

Lapuk, Rumah Lansia Ambruk

radartasik.com, CIAMIS - Rumah panggung milik Aah (80), warga Dusun Cidoyang RT/RW 01/20 Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis ambruk, Sabtu (11/12) pagi. Akibat kejadian ini, korban harus mengungsi ke rumah saudaranya, karena rumahnya sudah tak bisa lagi ditempati.


Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, ambruknya rumah tersebut disebabkan kondisinya yang sudah lapuk, apalagi ditambah tingginya curah hujan yang semakin memperparah kondisi rumah. “Pengakuan korban saat rumahnya ambruk sedang tidak ada di rumah. Karena waktu itu sedang menginap di rumah saudaranya, sehingga tidak ada korban jiwa,” ujar dia, menjelaskan. 

Kata dia, maysarakat akan langsung meratakan rumah tersebut dan membangun ulang supaya lebih layak huni. “Alhamdulillah semua masyarakat sekitar berperan dalam pembangunan rumah ini dengan cara swadaya,” kata dia, menjelaskan.

Kata Ade, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan pada musim hujan seperti ini. “Diimbau juga ketika rumahnya masuk kategori tidak layak huni atau sudah harus direnovasi untuk mengungsi sementara ketika hujan besa, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” ujar dia, menjelaskan.

Agni, warga sekitar mengaku prihatin dengan rumah Aah yang ambruk. Apalagi kondisi korban sudah sepuh dan memerlukan uluran tangun untuk kembali membangun rumahnya. “Mudah-mudahan semuanya kompak untuk swadaya membangun rumah Aah,” harapnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: