Lemkapi Respons Baik Novel Baswedan Cs Betugas Langsung di Bawah Kapolri

Lemkapi Respons Baik Novel Baswedan Cs Betugas Langsung di Bawah Kapolri

Radartasik.com, JAKARTA — Langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melantik Novel Baswedan dan kawan-kawan menjadi aparatur sipil negara (ASN) di kepolisian mendapat respons baik dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan.

Edi juga menyambut positif posisi Novel Baswedan Cs yang akan bertugas langsung di bawah Kapolri, khususnya di bidang pemberantasan korupsi.

Polri rencananya mengubah Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri menjadi Korps Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Kortas).

Ke-44 mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu akan menempati posisi jabatan fungsional yang ada di satuan kerja (satker) Mabes Polri. 

”Kami setuju Dittipidkor ditingkatkan statusnya. Kalau mengacu Densus 88 Polri, idealnya (pimpinan) Dittipidkor naik menjadi bintang dua,” ujar Edi dalam keterangannya, Jumat (10/12/2021).

Pengajar hukum tindak pidana korupsi dari Universitas Bhayangkara, Jakarta ini, menjelaskan Direktorat Tipidkor sudah waktunya dibesarkan.

Dia menilai masyarakat menginginkan agar kinerja Polri dalam bidang pemberantasan korupsi makin baik ke depan.

”Kalau bidang pemberantasan korupsi diperkuat, insya Allah kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan makin baik,” kata Edi.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini lebih lanjut menilai penanganan korupsi di kepolisian selama ini masih belum maksimal.

Dari segi jumlah, penanganan korupsi di seluruh Indonesia cukup besar, melebihi dari penanganan korupsi di KPK.

”Namun, pandangan sebagian masyarakat, penanganan korupsi masih harus ditingkatkan agar kinerja Polri dalam bidang ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Edi. (gir/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: