Pemkab Garut Bersama Forkopimda Perkuat Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

Pemkab Garut  Bersama Forkopimda Perkuat Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

radartasik.com, TAROGONG KALER — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bersama Forkopimda melaksanakan penandatanganan pakta integritas pencegahan terhadap tindak pidana korupsi. Pakta integritas ditandatangani dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Daerah (Rakorwasda) Inspektorat Garut dan peringatan Hari Anti Korupsi Dunia di salah satu hotel di Cipanas Kamis (9/12/2021).


Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan, momentum peringatan Hari Anti Korupsi harus dijadikan sebagai upaya penguatan pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintahan daerah. “Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum meningkatkan kesadaran, dan memperkuat upaya pemberantasan korupsi,” terangnya.

Kata Helmi, Pemkab Garut selalu mendukung upaya-upaya pemberantasan korupsi, khususnya di lingkungan pemerintahan. Salah satu dukungannya, yakni memaksimalkan kinerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Keberadaan APIP, kata dia, untuk memberikan pengawasan agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik. “Makanya para kepala dinas, para camat ketika ada APIP itu adalah orang yang akan menolong kita, agar kita tidak melakukan kesalahan-kesalahan apalagi yang fatal,” katanya.

Helmi juga mengingatkan seluruh pegawai di Pemkab Garut tetap waspada pada beberapa area karena rawan terhadap tindak pidana korupsi. Area yang rawan korupsi yakni dari perencanaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, hibah dan bansos, pajak dan retribusi dan tata kelola keuangan desa. “Area ini rentan terhadap korupsi, jadi kita terus awasi supaya tindakan pidana korupsi ini bisa diminimalisir,” ujarnya.

Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Garut Natsir Alwi siap melakukan tugasnya dalam membina dan mengawasi urusan penyelenggaraan pemerintahan.

“Kami juga menyosialisasikan dan mendukung program-program dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bahwa Kabupaten Garut siap untuk memberantas korupsi,” katanya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan Rakorwasda, kepala SKPD beserta jajarannya bisa memahami apa yang menjadi tugasnya, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: