Curah Hujan Tinggi, Rumah Lansia di Ciamis Ambruk

Curah Hujan Tinggi, Rumah Lansia di Ciamis Ambruk

radartasik.com, CIAMIS — Curah hujan tinggi disertai angin kencang mengakibatkan rumah panggung milik Yeyet (74), petani warga Dusun Neglasari RT/RW 011/003 Desa Banjarsari Kecamatan Banjarsari ambruk, Rabu (8/12/2021) sekitar pukul 18.30 malam.


Dalam kejadian tersebut, beruntung korban berhasil menyalamatkan diri, sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Akibat rumahnya yang ambruk, korban harus mengungsi sementara ke rumah saudaranya.

Anggota Forum Kordinasi (FK) Tagana Kabupaten Ciamis Andri Setiawan mengatakan, rumah panggung yang ambruk ini disebabkan curah hujan yang tinggi dan kondisi rumah sudah lapuk, sehingga tidak bisa lagi menahan beban dan terjangan angin kencang.

“Kondisi rusaknya cukup parah dan tidak layak huni lagi, sehingga korban harus mengungsi dulu ke rumah anaknya yang tidak jauh dari lokasi,” ujar dia kepada Radar, Kamis (9/12/2021).

Kata Andri, kondisi rumah korban sudah tidak bisa digunakan dan harus dibangun ulang. Namun, yang menjadi kendala adalah rumah tersebut berdiri di tanah orang lain.

“Alhamdulillah pemilik tanah berbaik hati dan membolehkan korban membangun rumah di tempat yang sama, namun ketika tanah ada pembeli harus pindah,” kata dia, menambahkan.

Petugas Gudang Logistik Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Ara Anggar Andrias mengatakan, korban yang rumahnya ambruk sudah dibantu dengan diberikan sembako, alat masak dan tempat tidur serta yang lainnya. “Kami salurakan langsung oleh Tagana Ciamis, semoga bantuan kami bisa bermanpaat dan digunakan dengan baik,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: