68,44 Persen Warga Kota Tasik Sudah Divaksin

68,44 Persen Warga Kota Tasik Sudah Divaksin

Radartasik.com, KOTA TASIK — Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya H Uus Supangat mengatakan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan guna mengejar target 70 persen hingga akhir Desember 2021.

”Alhamdulillah untuk perkembangan vaksin secara total keseluruhan untuk dosis kesatu di Kota Tasikmalaya sudah ada di angka 68,44 persen,” ujarnya kepada Radartasik.com, Kamis (09/12/2021). 

”Mudah-mudahan di bulan Desember ini kita bisa sampai 70 persen sesuai target. Kita optimis target itu pasti tercapai. Untuk lansia masih agak jauh capaiannya, baru 56 persen berdasarkan data yang masuk ke kita,” sambung dia.

Sedangkan untuk kelompok remaja anak sekolah guna mendukung Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) sudah di angka 82 persen.

”Untuk di dosis kedua secara keseluruhan warga Kota Tasik sudah mencapai 49 persen. Karena memang ada jeda waktu dari dosis kesatu menuju kedua,” terangnya.

Mudah-mudahan, tambah dia, di Desember ini bisa sampai ke target yang sesuai dengan diharapkan. Karena, walaupun ada momen Natal dan Tahun Baru, vaksinasi akan terus berjalan.

”Karena ini gerakan strategis dalam penanggulangan Covid. Jadi tak boleh stop, kita harus terus berjalan. Bahkan, bila perlu kita akselerasi terus untuk vaksin. Supaya betul-betul herd imunity untuk wilayah Kota Tasik bisa kita raih,” tambahnya.

Kendala di lapangan yang memang masih ada, jelas dia, memobilisasi masyarakat. Terutama, untuk lansia ini mobilitasnya terbatas. Kalau ada yang antar, mereka baru bisa berangkat.

”Nah, ini memerlukan bantuan untuk memobilisasinya. Sedangkan tingkat pemahaman vaksin, alhamdulillah di kita hampir sebagian besar sudah memahami pentingnya vaksin,” jelasnya.

Dia menegaskan langkahnya tinggal memobilisasi masyarakat. ”Alhamdulillah juga untuk mobilisasi masyarakat ini kita dibantu terus oleh TNI dan Polri. Itu sangat membantu percepatan vaksin di Kota Tasik,” tukasnya.

Sekadar diketahui, total sasaran vaksinasi Kota Tasikmalaya sebanyak 560.243 orang. Dengan rincian, sumber daya manusia kesehatan 4.001 orang. Pelayan publik 33.338 orang. Lansia 58.522 orang. Masyarakat umum 390.533 orang. Remaja 73.849 orang. (Rezza Rizaldi / Radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: