Rumah Lalah di Desa Jajawar Hancur Tertimpa Pohon

Rumah Lalah di Desa Jajawar Hancur Tertimpa Pohon

Radartasik.com, BANJAR - Hujan deras yang disertai dengan angin kencang terjadi di beberapa titik Kota Banjar, Rabu (8/12/21) sore. Terparah pohon tumbang di Dusun Karangpucung Kulon, Desa Jajawar Kecamatan Banjar, pohon jenis albasiah menimpa satu rumah warga hingga rusak berat. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar Kusnadi SIp melalui Kasi Darlog Yudi Andiana MPd mengatakan, tumbangnya pohon albasiah di Dusun Karangpucung Kulon, menimpa rumah Lalah (36) warga Dusun Karangpucung Kulon RT 015/004 Desa Jajawar Kecamatan Banjar. Rumah korban dihuni tujuh jiwa, yang kini terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya. 

"Beruntung saat kejadian tersebut tidak sampai ada korban jiwa, namun pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 25 juta," kata dia kepada radartasik.com. 

Di titik lain, masih di Dusun Karangpucung Kulon Blok RT 017/004 Desa Jajawar, juga terjadi pohon tumbang. Di lokasi ini pohon yang tumbang menutup akses jalan. "Ternyata pohon tumbang juga terjadi di wilayah kecamatan lainnya hingga menyebabkan kemacetan," imbuhnya.

Kepala Desa Jajawar Samsudin membenarkan ada rumah warganya yang tertimpa pohon tumbang. Menurutnya, rumah korban hancur pada bagian atap kamar dan dapur. 
"Untuk malam ini, penghuni rumah mengungsi sementara ke tetangga. Bantuan logistik sudah diberikan pemdes dan swadaya masyarakat setempat serta dari BPBD," terangnya.

Informasi yang dihimpun radartasik.com, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Banjar-Cimaragas depan pabrik kayu, Kelurahan Situbatu Kecamatan Banjar. Pohon jenis angsana tumbang ke jalan, hingga arus lalu lintas sempat terganggu. 

Petugas BPBD bersama tim gabungan TNI-Polri segera mengevakuasi pohon yang melintang ke jalan, agar akses jalan bisa dilalui. "Kejadian ini diakibatkan dampak dari Hidrometologi, oleh parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembapan, temperatur dan angin," tambah Kasi Darlog Yudi Andiana MPd. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: