Tebing Longsor, Rumah Ketua RW Cibodas Terancam

Tebing Longsor, Rumah Ketua RW Cibodas Terancam

CIAMIS - Rumah semi permanen berukuran 5x7 meter persegi milik Ketua RW 11, Engkus Kusnandi (42) warga Dusun Cibodas RT/RW 05/11 Desa Kujang Kecamatan Cikoneng terancam terbawa longsor, karena kondisi rumahnya berada dekat tebing.


“Sekarang tebing tersebut secara bertahap terus tergerus longsor, jadi rumah saya setiap hari terus terancam,” ujar Engkus menjelaskan.

Kata dia, dari pihak desa akan menggeser posisi rumahnya tiga meteran dari lokasi saat ini dan akan membongkar bagian kamar kemudian direnovasi ulang. “Mudah-mudahan itu bisa benar-benar direalisasikan dan semuanya bisa ditanggung oleh pemerintah desa, tidak ada biaya tambahan lagi. Karena kalau ada biaya tambahan cukup repot, karena penghasilan tidak seberapa dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” kata pria yang kesehariannya menjadi buruh pabrik.

Kepala Desa Kujang Ivan Abdul Jalal membenarkan adanya rumah ketua RW yang akan direhab karena terancam terbawa longsor. “Rencana rehab menunggu kesiapan dari yang punya rumah mencari yang kerjanya. Kalau angaranya sudah ada dipersiapkan pihak desa, namun dari pihak rumah menunggu ada yang kerjanya,” kata dia, menambahkan.

Lanjut dia, selain rehab rumah yang terancam, pihaknya juga sudah mengajukan untuk membangun tembok penahan tanah (TPT), sehingga tebing tersebut tanahnya tidak terus tergerus saat hujan, apalagi ketinggiannya mencapai lima meter dan panjang 50 meter. “Mudah-mudahan usulannya bisa segera terealisasi dan TPT segera dibangun,” kata dia, menjelaskan. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: