KH Asep Maoshul Tanamkan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara

KH Asep Maoshul Tanamkan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara

Radartasik.com, PANGANDARAN — Kaderisasi kepemimpinan sesuatu hal yang wajib ditanamkan bagi calon pemimpin di masa yang akan datang. Karena, membentuk karakteristik pemimpin yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Karena itu, Anggota DPR / MPR RI F-PPP KH Asep A Maoshul Affandy melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada ratusan santri di Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan yang diikuti santri dari berbagai daerah itu dikemas dalam nuansa outbound dan diskusi santai. Tema yang diambil dalam kegiatan itu yakni Kepemimpinan Sosok Pelajar Mandiri di Era Millenial.

Pada kegiatan yang dipusatkan di lingkungan Pondok Pesantren Wanasuka Cigugur Kabupaten Pangandaran itu, santri diajak berkeliling untuk napak tilas perjuangan para leluhur dan kiai-kiai terdahulu.

Salah satunya ke makam almarhum Eyang Alfi Hasan, salah satu tokoh berpengaruh di Kabupaten Pangandaran beberapa dekade ke belakang.

KH Asep Maoshul menjelaskan memahami empat pilar berbangsa dan bernegara harus disertai memahami sejarah bangsa Indonesia.

”Inilah yang menjadi alasan kenapa para santri saya ajak untuk sama-sama melakukan kegiatan napak tilas terhadap para pejuang di daerah,” kata dia.

Usai kegiatan, harap dia, santri dapat mengambil contoh dan termotivasi menjadi seorang pemimpin yang mengabdi dengan integritas kepada agama, bangsa dan negara.

Taufik Sinaga (28), salah satu peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan mengaku terbantu dan paham terhadap apa yang menjadi substansi dari kegiatan itu. 

Kata dia, dengan mencintai tanah kelahirannya, maka akan mencintai bangsa sendiri. ”Sebab sebelum kita melakukan hal yang besar, pasti dimulai dengan melakukan langkah-langkah kecil,” ujarnya.

Asep Bahrul Ulum selaku panitia pelaksana kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini merasa puas dengan kegiatan itu.

”Alhamdulillah kegiatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan sesuai protokoler kesehatan,” kata pria 48 tahun ini.

”Mudah-mudahan hasil dari kegiatan ini mampu melahirkan calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” harap dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: