Curug Leuwi Leutak Menjadi Alternatif Berwisata di Pangandaran Selain Pantai

Curug Leuwi Leutak Menjadi Alternatif Berwisata di Pangandaran Selain Pantai

radartasik.com, PANGANDARAN - Potensi pariwisata di Kabupaten Pangandaran luar biasa. Tak hanya objek wisata pantai, Kabupaten Pangandaran menawarkan berbagai macam objek wisata pilihan, seperti wisata sungai, sagara, air terjun, wisata panorama alam, river tubing dan lain-lain.


Salah satu objek wisata yang bisa menjadi alternatif untuk tempat liburan adalah Curug Leuwi Leutak. Lokasi di Desa Harumandala Kecamatan Cigugur.

Untuk sampai di Curug itu, memerlukan waktu tempuh sekitar 50 menit dari jalan utama Kecamatan Parigi atau sekitar 25 kilometer. Namun, karena akses yang belum memadai, wisatawan tidak bisa membawa kendaraan sampai ke lokasi wisata. Harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi.

Namun, itu akan terbayar dengan keindahan pemandangan sepanjang perjalanan, mulai dari sawah terasering, air sungai yang mengalir jernih dan pepohonan yang rindang. Sesampai di lokasi, Anda bisa menikmati pemandangan curug yang bentuknya mirip Niagara Falls di Benua Amerika.

Ketua Pokdarwis Desa Harumandala Andang N mengatakan di lokasi itu ditawarkan atraksi shower climbing, yang bisa memacu adrenalin. “Ketinggian air terjun sekitar 25 sampai 30 meter,” ungkapnya Senin (6/12/2021).

Kata dia, fasilitas di Leuwi Leutak akan ditambah untuk menarik para wisatawan, salah satunya wahana flying fox. “Keinginan kita ya ditambah. Mudah-mudahan ada rezekinya,” katanya.

Ia mengatakan untuk biaya masuk ke objek wisata belum dipatok. Namun jika wisatawan ingin mencoba shower climbing, biasanya dipatok Rp 50 ribu per orangnya.

Salah seorang warga Enceng (40) mengagumi pemandangan Curug Leuwi Leutak. “Suasananya sejuk, masih asri,” tuturnya.

Namun ia berharap akses menuju tempat wisata tersebut bisa diperbaiki lagi. “Ya buat kenyamanan saja,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: