Pelaku Bakar SMAN 1 Oksibil Diduga KKB Pimpinan Lamek Taplo

Pelaku Bakar SMAN 1 Oksibil Diduga KKB Pimpinan Lamek Taplo

Radartasik.com — Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito menduga, pembakaran gedung SMAN 1 Oksibil, Minggu (5/12) pagi, dilakukan anak buah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo.

Menurut Cahyo, ada video yang beredar di media sosial yang menyatakan pelaku pembakaran adalah anggota KKB. Dalam video itu mereka menyatakan bertanggung jawab atas pembakaran gedung SMAN1 Oksibil.

”Mereka juga mengancam akan terus melakukan aksinya,” kata Cahyo seperti dilansir dari Antara, Minggu (5/12).

Cahyo menjelaskan, saat pasukan gabungan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan penyelidikan, pihaknya menemukan jeriken ukuran lima liter berisi bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite yang diduga untuk membakar bangunan lain.

Bangunan yang dibakar yakni dua gedung yang terdiri atas tiga kelas beserta ruang guru dan kantor. Cahyo menambahkan, sekolah tersebut memiliki 11 unit bangunan yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Cahyo menambahkan, dari hasil pengecekan TKP, diduga bangunan itu sengaja dibakar untuk memancing aparat keamanan. Sebab, di sekitar lokasi terdapat jejak-jejak kaki.

”Kami menduga para pelaku sengaja memancing dan bila aparat keamanan langsung merespons, mereka akan menembaki dari ketinggian,” terang AKBP Cahyo.

Sebelumnya, bangunan SMA Negeri 1 Oksibil, Distrik Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (5/12) sekitar pukul 03.45 WIT, dibakar orang tak dikenal (OTK). ”Memang benar ada pembakaran terhadap salah satu bangunan di SMAN1, dan anggota sudah melakukan olah TKP,” kata Cahyo. (jpg/antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: