Kisah Pasangan Suami Istri Detik-Detik Gunung Semeru Meletus

Kisah Pasangan Suami Istri Detik-Detik Gunung Semeru Meletus

Radartasik.com, LUMAJANG — Letusan Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, yang terjadi (4/12/2021) pukul 15.00 WIB membuat warga yang hidup di sekitar lereng kaget karena erupsi yang terjadi tersebut sangat besar.

Saiman, warga Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur mengaku tak menyangka Gunung Semeru bakal mengalami erupsi besar.

”Tidak ada suara atau tanda-tanda sebelumnya, lah, kok tetangga teriak (erupsi, red), langsung bikin saya bingung,” ucap Saiman, Sabtu (4/12/2021).

Saiman juga mengatakan sehari sebelum terjadinya bencana besar tersebut memang sempat terjadi erupsi, tetapi tidak besar, hanya letusan biasa.

Halimah, istri Saiman menyatakan detik-detik datangnya luncuran awan panas sangat membuat warga gaduh. 

”Ketika terjadi, langit gelap, tidak ada cahaya sedikit pun, hanya terdengar teriakan, saya langsung lari ke arah selatan, Mas,” katanya.

Erupsi Gunung Semeru itu membuat rumah pasangan suami istri (pasutri) tersebut rusak dan terkubur lahar panas. Mereka sangat bersyukur masih bisa selamat atas kejadian berbahaya tersebut.

Sekretaris Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Amin menyatakan lahar panas merusak rumah di seluruh rumah di lereng Gunung Semeru.

”Awan panas terkena hujan menjadi lumpur yang tingginya seperut orang dewasa,” tuturnya. (mcr26/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: