Gunung Semeru Meletus, Warga Berlarian Cari Tempat Perlindungan

Gunung Semeru Meletus, Warga Berlarian Cari Tempat Perlindungan

Radartasik.com, LUMAJANG — Gunung Semeru kembali meletus sekitar pukul 15.00 WIB. Warga yang berada di sekitar lereng gunung tertinggi di Jawa Timur ini lari berhamburan keluar rumah.

Sanhaji, salah satu warga Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, mengungkapkan awalnya terdengar suara letusan beberapa kali.

Warga setempat menganggap hal itu biasa. Namun, letusan akhirnya disertai awan panas yang membumbung cukup tinggi.

”Sekitar jam 13.00, ada aliran lahar dingin kecil. Di sekitar curah kobokan. Tetapi, aliran semakin besar dan ada suara letusan beberapa kali. Suaranya seperti guntur dan petir. Setelah tahu Gunung Semeru meletus, warga langsung mengungsi,” ungkapnya.

Dia menambahkan warga mengungsi di sejumlah tempat. Sebab, hujan abu mulai turun. ”Di sini listriknya padam juga,” tambahnya.

Warga di beberapa kecamatan di sekitar lereng Gunung Semeru juga ikut mengungsi ke tempat aman. Abu juga menyelimuti bangunan dan lingkungan sekitar.

Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang Joko Sambang mengatakan masih mengumpulkan informasi. Namun, dia membenarkan adanya letusan Gunung Semeru. (kin/jawapos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: