Kampung Kuta Pertahankan Tradisi

Kampung Kuta Pertahankan Tradisi

radartasik.com, CIAMIS - Masyarakat di Kampung Adat Kuta Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis tetap memegang erat amanah leluhur dan tradisinya sampai sekarang. Salah satunya, mempertahankan bangunan rumah panggung yang terbuat dari kayu dan bambu dengan tidak membangun rumah modern.


Kepala Dusun Kampung Kuta Didi Sardi mengatakan, leluhur sudah mengamanatkan supaya tidak membangun rumah modern atau yang terbuat dari tembok. Apabila amanah ini dilanggar, warga di sini khawatir akan terjadi musibah

“Keunikannya, menerapkan kearifan lokal, Kampung Kuta Ciamis menjadi salah satu destinasi wisata budaya. Bahkan kami banyak dikunjungi oleh para pelajar dan mahasiswa yang penelitian,” ujar dia, menjelaskan.

Kata Dedi, saat ini jumlah rumah panggung di Kampung Kuta ada 111 rumah dengan 258 penduduk. Bhakan bentuk bangunannya pun harus persegi panjang tidak menggunakan genteng tapi memakai kerai dan injuk. “Kalau dulunya di Kampung Adat ini hanya ada empat rumah yang didirikan oleh pendirinya. Karena ada larangan, bangunan rumah panggung ini tentunya memiliki banyak manfaat. Di mana tanah di lokasi tersebut terbilang labil, sehingga rumah dari bambu dan kayu ini tidak mudah retak dan juga tahan gempa,” kata dia, menjelaskan.

Lanjut Dedi, Kampung Kuta ini konon berasal dari kata mahkuta atau mahkota, dulunya lokasi ini akan menjadi pusat Kerajaan Galuh, namun batal. Warga meyakini di lokasi ini memiliki patilasan atau peninggalan Kerajaan Galuh. “Salah satu calon lokasi pusat Kerajaan Galuh terletak di Leuweung Gede atau Hutan Larangan,” tuntasnya.

“Sampai saat ini masyarakat tetap melaksanakan yang telah diwariskan leluhur, sehingga sampai saat ini Kampung Adat Kuta tetap aman dan nyaman,” paparnya.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana mengatakan, bahwa Kampung Adat Kuta adalah destinasi wisata budaya unggulan Ciamis. Di mana menyajikan budaya, adat dan kearifan lokal yang masih terjaga. “Dengan istilah pamali yang tidak boleh dilanggar tentunya menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri,” ujar dia. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: