Ajarkan Makan Sehat Lewat Cooking Class

Ajarkan Makan Sehat Lewat Cooking Class

radartasik.com, TASIK - Play Group (PG) dan Raudhatul Athfal (RA) Raihan Persis 27 Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya menggelar Market Day di Gedung Renald Jalan Cilembang Kota Tasikmalaya, Kamis (2/12/2021). Temanya yakni Merajut Kebersamaan, Mengukir Kreativitas dan Mensyukuri Karunia Allah yang Maha Khalik.


Kepala PG dan RA Raihan Persis 27 Siti Nuryani SPdI mengatakan, Market Day diikuti sebanyak 90 anak usia dini. Itu merupakan puncak kegiatan dari pembiasaan cooking class, yakni anak usia dini memasak bersama-sama yang dilakukan sebulan sekali.

“Tujuan kegiatan ini sebagai pendidikan karakter agar anak-anak lebih mensyukuri makanan yang setiap hari dinikmatinya,” katanya kepada Radar, Kamis (2/12/2021).

Sebab, kata ia, di PG dan RA Raihan Persis 27 biasanya siswa mendapatkan makanan di sekolah. Karena masih anak usia dini biasa dalam hal makanan masih pilih-pilih.

“Dengan adanya cooking class bisa mengetahui makanan di meja itu tidak datang begitu saja. Tetapi ada proses yang dibuat, sehingga bisa menghargai jerih payah orang lain,” ujarnya.

Kemudian, program tersebut dapat menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat. Karena nantinya anak bisa mengetahui menu sehat isi piring yakni empat sehat lima sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur, buah dan susu.

“Anak diajarkan mengonsumsi makanan sehat. Lalu, mengenal adab makan sesuai sunah Rasulullah,” katanya.

Selain itu, cooking class ini sebagai pendidikan karakter yakni bisa mengenalkan tanggung jawab, kerja sama dan kemandirian. Mereka makan harus mengambil sendiri, membereskan sendiri dan memperkaya bahasa mereka dalam komunikasi.

“Membangun kesadaran anak usia dini untuk mandiri, melatih kerja sama dan tanggung jawab” ujarnya.

Itu semua, merupakan wujud sebagai transfer ilmu pengetahuan dengan cara menyenangkan. “Bermain sambil belajar dengan media cooking class,” katanya.

Ketua Persatuan Orang tua Murid (POM) PG dan RA Raihan Persis 27 Ina Rosdiana menjelaskan, cooking class ini program yang positif untuk tumbuh kembang anak. Dengan begitu bisa mengembangkan minat — bakat anak sejak dini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini rutin dilakukan sehingga anak-anak punya keterampilan memasak untuk bekal dewasa. Selain itu anak bisa paham makanan sehat untuk dikonsumsi,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: