Siapkan Aplikasi, Awasi Distribusi Pupuk

Siapkan Aplikasi, Awasi Distribusi Pupuk

radartasik.com, PANGANDARAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menyiapkan aplikasi untuk mengawasi distribusi pupuk bersubsidi. Aplikasi tersebut untuk mengawasi agar tak ada kecurangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi.


Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Aep Haris mengatakan tupoksi Pemkab Pangandaran sekadar mengawasi penyaluran. Bukan mendistribusikan pupuk. “Untuk itu kita ingin melakukan penguatan dalam pengawasan,” ujarnya kepada Radar, Kamis (2/12/2021).

Kata dia, untuk penguatan pengawasan itu, Pemkab Pangandaran berencana mempersiapkan aplikasi pengawasan distribusi pupuk. “Kita bisa mengantisipasi kecurangan,” ucapnya.

Dia menyebut selama ini kelangkaan pupuk sering menjadi masalah klasik di Kabupaten Pangandaran.

“Untuk itu kita bahas untuk pembuatan aplikasi ini,” jelasnya.

Dia mengatakan nantinya kios atau distributor akan memegang aplikasi tersebut. “Juga para petaninya, bisa juga nanti ketua kelompoknya yang pegang,” ungkapnya.

Saat melakukan penebusan, mereka harus menginput untuk melakukan pelaporan. “Pasti banyak kelemahan yang harus diperbaiki, makanya kita bahas sekarang,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Sutriaman mengatakan Pemkab Pangandaran fokus menyelesaikan permasalahan pertanian di Kabupaten Pangandaran. “Yang pertama masa tanam dan juga pendistribusian pupuk,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: