Unsil Didorong Buka Fakultas Kedokteran

Unsil Didorong Buka Fakultas Kedokteran

radartasik.com, TASIK - Seiring perkembangan status perguruan tinggi negeri, Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya terus tumbuh, maju, dan dikenal hingga ke kancah nasional. Dengan begitu Unsil menjadi kebanggaan masyarakat Priangan Timur.


Dalam meningkatkan eksistensi Unsil di era globalisasi ini perlu program yang visioner. Selain itu butuh lompatan genius dalam memanfaatkan program Kampus Merdeka Merdeka Belajar.

Selain itu, kearifan lokal dan budaya yang sangat kental di Unsil Tasikmalaya harus dipelihara.

Ini waktu yang pas bagi calon Rektor Unsil Tasikmalaya periode 2022-2026 untuk mewujudkan Unsil yang unggul dan membuktikan kepercayaan civitas akademika dan masyarakat.

Dalam pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya tersebut, ada harapan besar dari para tokoh Tasikmalaya untuk kemajuan sumber daya manusia di Priangan Timur dan kemandirian Unsil Tasikmalaya.

Diantaranya, Rektor Unsil Tasikmalaya Periode 2010-2014 Prof Dr Kartawan SE MP memberikan masukkan kepada calon Rektor Unsil Tasikmalaya agar ke depannya bisa melanjutkan capaian yang dirintisnya dan mengembangkan potensi yang ada. Menurutnya, Unsil Tasikmalaya memiliki potensi yang luar biasa dan bisa cepat berkembang.

”Seringkali kali ketika ada yang baru, gagasan lama ditinggalkan. Harapan saya, gagasan lama yang positif bisa terus diakomodir,” katanya kepada Radar, Selasa (30/11/2021).

Gagasan lama itu yakni, saat ia menjabat, sekitar tahun 2011 sudah merintis badan layanan umum (BLU). Masing-masing fakultas menjadi profit center, seperti; Fakultas Kesehatan ada pengobatan, di Pariwisata ada hotel, Fakultas EkoA­nomi ada perA­bankan, LPM ada produk air miA­num Tirta Siliwangi.

“Apalagi salah satu visi Unsil yakni mendidik mahasiswa mahir berwirausaha, diharapkan setiap unit bisa menghasilkan bibit entrepreneur sukses sehingga membawa kemandirian. Selain itu diharapkan dosen ataupun tenaga kependidikan lebih sejahtera,” ujarnya.

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Aslim SH mengatakan, pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya adalah wilayah senat. Terlebih Unsil sudah negeri sehingga regulasinya sudah jelas.

“Siapa pun figur rektornya nanti, saya menitipkan harus memperhatikan kultur Kota Tasikmalaya yang religius, karena merupakan Kota Santri,” katanya.

Pesan selanjutnya, Unsil seA­bagai kampus negeri harus mengA­optimalkan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Itu semua untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Peran kampus meningkatkan SDM yang harus dilakukan. Oleh karena itu, Unsil harus meningkatkan kualitas dan level yang bagus terhadap peran Tri Darma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Ia pun menyinggung kepada Unsil agar memiliki Fakultas Kedokteran. Sebab waktu ia masih di Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya sempat mengutarakan ingin ada kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran.

“Ketika Fakultas Kedokteran ada di Unsil itu semakin maju. Karena akan menjadi magnet dan kebanggaan masyarakat Priangan Timur dan Jawa Barat, khusus Tasikmalaya,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: